yamaha-nmax

DEPOK – Tak mau terjadi hal-hal yang diinginkan saat momen pergantian tahun di Kota Depok. Sedikitnya 1.370 personil tim gabungan terdiri dari Polresta Depok, Kodim 0508 Depok, dan unsur Pemerintahan Kota Depok akan bersinergi menjaga keamanan.

Kepala Bagian Operasional Polresta Depok, Kompol Agus Widodo mengatakan, melihat semaraknya malam pergantian tahun diwilayah Kota Depok, Polresta Depok bersama tim gabungan akan melaksanakan pengaman bersama seperti yang telah dijalankan pada malam Natal beberapa waktu lalu.

“Guna menjaga keamanan diwilayah Kota Depok, akan ada 1.370 personil gabungan yang bertugas,” ujar Agus kepada Radar Depok, kemarin.

Agus menjelaskan, seperti pada malam pergantian tahun sebelumnya, banyak masyarakat yang akan meramaikan malam pergantian tahun 2016 ke 2017.

Ditambah lagi, pada malam tersebut umat Kristiani akan melaksanakan Misa disejumlah gereja di Kota Depok. Untuk itu, pihaknya telah menyiapkan anggota disejumlah tempat yang akan menjadi pusat keramaian masyarakat.

Agus mengungkapkan, ada 102 gereja melaksanakan ibadah Misa, dua tabligh akbar, dan 27 titik keramaian masyarakat. Tempat keramaian tersebut diantaranya, pusat perbelanjaan, terminal Kota Depok atau sarana transportasi, tempat wisata, dan beberapa tempat lainnya.

Dia meminta, masyarakat dalam meramaikan malam pergantian tahun dengan tidak secara berlebihan seperti membakar petasan atau konvoi kendaraan di jalan.

“Kami akan menindak tegas apabila ada hal yang dapat memicu gangguan kamtibmas,” terang Agus.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana menuturkan, Dishub akan membantu penguraian kendaraan, guna tidak menimbulkan kemacetan pada malam pergantian tahun. Dishub akan menjaga sejumlah titik yang dianggap rawan kemacetan.

“Ada sejumlah jalan di Kota Depok yang kami antisipasi guna tidak menimbulkan kemacetan,” tandas Gandara.

Gandara mengatakan, beberapa jalan utama di Kota Depok yang diprediksi meningkat jumlah volume kendaraan adalah, Jalan Raya Margonda, Jalan Juanda, Jalan Dewi Sartika, Jalan Arif Rahman Hakim, dan Jalan Raya Bogor. Selain itu, Dishub menyediakan 32 pos pemantauan dengan kekuatan 220 anggota Dishub.

“Kami berharap masyarakat, dapat lebih bijak saat malam pergantian tahun, khususnya bagi umat Islam dapat melaksanakan dengan meningkatkan ibadah,” ucap Gandara. (dic)