yamaha-nmax

IST

PERALIHAN: PT Persebaya Indonesia disebut akan melepas 70 persen sahamnya pada PT Jawa Pos.

 

 

JAKARTA – PT Persebaya Indonesia (PI) yang menaungi kesebelasan Persebaya Surabaya akan menjual 70 persen saham kepada PT Jawa Pos, demikian disampaikan Direktur Pengembangan Usaha dan Bisnis PT Persebaya Indonesia, Kardi Suwito.

“PT Jawa Pos akan menjadi investor baru kami. Kondisi saham PT PI saat ini 99% dikuasai Koperasi Surya Abadi. Tapi nanti bakal menjadi 70% dipegang Jawa Pos dan 30% dipegang Koperasi Surya Abadi,” kata Kardi.

Menurut Kardi, PT Persebaya belum secara resmi melakukan proses peralihan saham.

“RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) juga belum, menunggu momentum pengesahan Persebaya dahulu pada 8 Januari di Kongres PSSI nanti. Tapi kami sudah beberapa kali bertemu dengan semua pihak dan 95% sudah oke. Bonek — sebutan untuk pendukung Persebaya — juga menyambut baik hal ini,” ucapnya menambahkan.

PSSI berencana menggelar Kongres tahunan pada 8 Januari mendatang di kota Bandung, Jawa Barat. Ketua Umum PSSI, Letjen TNI Edy Rahmayadi menyatakan agenda dalam kongres tahunan itu antara lain mengukuhkan anggota Komite Eksekutif (Exco), membahas persoalan sepak bola nasional, dan keorganisasian PSSI.

Hingga saat ini Persebaya Surabaya sendiri belum diakui kembali menjadi anggota PSSI meski telah memenangkan gugatan atas logo dan merek Persebaya di Pengadilan Negeri Surabaya. Nasib Persebaya bersama dengan Arema Indonesia, Persiwangi Banyuwangi, dan Lampung FC, baru akan ditentukan pada Kongres mendatang.

Kardi mengaku sampai saat ini ia belum mendapat undangan untuk menghadiri Kongres. Akan tetapi, dia siap bila manajemen Persebaya diundang sebagai peninjau ataupun pemilik suara.

Lebih lanjut, Kardi berharap agar di kongres tersebut Persebaya dapat kembali berkompetisi.

“Itu yang utama. Yang kedua, Jawa Pos sebagai investor tunggal dapat betul-betul mengelola PT PI secara profesional dan tata kelola secara transparan.” ujar Kardi. (cn)