BEKERJASAMA : Bagian Hukum bekerjasama dengan asisten tata praja Kota Depok menggelar kegiatan seminar advokasi penanganan perkara bagi ASN Pemerintah Kota Depok.
yamaha-nmax

DEPOK  –  Demi menyamakan persepsi tentang tindaklanjut penanganan perkara terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN). Selasa (20/12), Bagian hukum yang notabene dibawah naungan Asisten Tata Praja (Astapra) Kota Depok menggelar Seminar Advokasi Penanganan Perkara bagi ASN Depok di Hotel Santika.

Astapra Kota Depok, Sri Utomo mengatakan, selain penanganan perkara, dalam kegiatan bertema Penanganan Penyelesaian Kerugian Negara Maupun Pengaduan Masyarakat Atas Dugaan Penyimpangan Yang dilakukan oleh ASN, dibahas juga terkait penyalahgunaan wewenang yang menyebabkan kerugian Negara.

“Hal ini dilakukan demi mewujudkan sinergi dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk tercapaianya pembangunan yang mensejahterakan rakyat,” ungkapnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Kegiatan ini, kata Sri Utomo juga dalam rangka upaya memahami implementasi pasal 17 sampai dengan 21 Undang-undang Nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya pencerahan bagi seluruh Aparatur di Kota Depok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Harry Prihanto yang kemarin hadir menyatakan, percepatan pembanguanan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan yang hanya dapat tercapai jika tercipta sistem yang kondusif. Dan kesamaan sudut pandang serta visi dari seluruh pemerintah pusat. Khususnya aparat dan penyelenggara negara, baik antara kementerian lembaga pemerintah daerah, aparat penegak hukum dan lembaga peradilan.

Disatu sisi pemerintah daerah sebagai eksekutif dapat dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin, serta penuh percaya diri menjalankan program-program pembangunan. Disisi lain aparat penegak hukum dapat menciptakan kondisi yang tertib dan tentram. “ Untuk itu kolaborasi antara kedua pihak harus berjalan dengan baik sehingga tercipta satu pemahaman yang selaras,” tegasnya.

Mantan Kepala BKD Depok ini berharap, melalui kegiatan seminar tersebut dapat menyatukan sudut pandang dan visi antara ASN dan penegak hukum, sehingga kesejahteraan rakyat dapat tercapai. (ina)