FAHMI/RADARDEPOK AJAK PILAH SAMPAH: Pimpinan Bank 24 HABS, Aprillianty bersama Koordinator UPS Limo Casmin HS sedang menyosialisasikan pemilahn sampah kepada anggotanya, kemarin.
yamaha-nmax

LIMO – Sejalan dengan misi Pemkot Depok dalam menanggulangi sampah. Kemarin, Bank 24 HABS dan Unit Pengolahan Sampah (UPS) Limo menyosialisasikan pemilahan sampah kepada 50 anggotanya, di Jalan H Arsad RT3/5 Kampung Sasak Kelurahan/Kecamatan Limo.

Pimpinan Bank 24 HABS, Aprillianty mengatakan, sampah harus dapat diperlakukan dengan baik, agar tidak membahayakan lingkungan. Jika sampah dibuang sembarangan maka akan menimbulkan berbagai akibat. Diantaranya, merusak lingkungan, menimbulkan berbagai macam penyakit, menyebabkan banjir, dan merusak keindahan alam.

Sampah dibagi 2 jenis yaitu : sampah organik dan  sampah anorganik. Dalam membuang sampah, penting untuk dipisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah yang berasal dari tumbuhan dan hewan dibuang di tempat sampah organik, sedangkan sampah yang bukan berasal dari hewan dan tumbuhan dibuang di tempat sampah anorganik.

Menurutnya, pemilahan sampah ini akan memberikan berbagai manfaat, seperti mengurangi timbunan sampah, mengurangi pencemaran lingkungan dan sampah dapat dimanfaatkan lebih lanjut.

“Saya berharap untuk semua anggota Bank 24 HABS setelah mengikuti acara sosialisasi ini dapat langsung mengaplikasikannya dirumah masing-masing,” tutur perempuan bermabut panjang ini kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Sementara, Koordinator UPS Limo, Casmin HS menuturkan, dengan adanya pemilahan sampah maka sampah organik dan anorganik dapat dikelola dengan tepat sesuai jenisnya. Sampah organik dapat dimanfaatkan untuk pupuk kompos dengan cara ditimbun. Sedangkan sampah anorganik dikelola dengan cara Reduce, Reuse, dan Recycle (3R).

“Saya mengajak semua RT, RW serta tokoh masyarakat dapat menyukseskan program yang baik ini. Saat sosialisasi juga menghadirkan pembicara dari Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP),” tandasnya. (hmi)