IST MENERIMA PENGHARGAAN : Kota Depok kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE), belum lama ini.
yamaha-nmax

DEPOK –  Di 2016 Kota Depok kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) untuk keempat kalinya. Penghargaan ini diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rabu (21/12), di Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta. Prestasi ini tidak terlepas keseriusan Kota Depok dalam menangani permasalahan perempuan dan anak.

“Semua unsur terkait serius dalam menangani permasalahan perempuan dan anak, sehingga APE ini bisa kembali diraih Kota Depok. Ini sudah yang keempat kalinya,” ujar Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna kepada Radar Depok.

Pradi menambahkan, sebagai instansi yang menangani permasalahan perempuan dan anak, BPMK Kota Depok telah menjalankan pengawasan secara maksimal. Beberapa kegiatan yang berkaitan dengan gender yaitu pemberian pendidikan dan latihan bagi para pejabat struktural dalam penyusunan anggaran responsive gender. Para peserta diberi materi tentang penyusunan anggaran yang responsive gender, sehingga tidak ada kesenjangan antara laki-laki dan perempuan.

“Dalam meningkatkan kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki telah bekerjasama dengan organisasi-organisasi perempuan di antaranya dengan Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW), PKK serta organisasi wanita lainnya,” jelasnya.

Peran serta Tim Penggerak PKK dalam melaksanakan program PKK yaitu merencanakan, melaksanakan, membina program-program kerja PKK sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat. Dalam rangka menunjang keterpaduan dan keberlangsungan program pembangunan berbasis gender, anggaran untuk pelaksanaan program pemberdayaan perempuan dan pengarusutamaan gender setiap tahunnya meningkat, selaras dengan ditetapkannya kebijakan setiap OPD minimal satu kegiatan responsif gender.

“Pemberian Anugerah Parahita Ekapraya ini selanjutnya akan diselenggarakan pada Tahun 2018. Diharapkan Kota Depok akan memperoleh preringkat yang lebih baik lagi. Dan perlunya dukungan dari semua OPD bukan hanya BPMK,” harapnya.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyatakan, Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan dari Pemerintah Pusat atas pelaksanaan pemberdayaan perempuan, perlindungan anank dan pengarusutamaan gender yang penilaian dan evaluasinya dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  RI. Tujuannya adalah memberi kesempatan seluas-luasnya kepada kaum perempuan Indonesia sesuai dengan kemampuan dan eksistensinya untuk berkarya dan berpartisipasi dalam pembangunan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise mengatakan, bahwa APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada lembaga pemerintah baik di pusat maupun di daerah atas keberhasilannya menerapkan strategi dalam program pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

”Saat ini, perempuan memegang peranan penting, khususnya dalam dua hal yakni peningkatan kebersihan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” tutup Yohana.(ina)