Febrina/Radar Depok MEMBINA : Kegiatan pembinaan bagi calon anggota yang ingin mendirikan koperasi, seperti yang dilakukan di Wisma Hijau.
yamaha-nmax
MEMBINA : Kegiatan pembinaan bagi calon anggota yang ingin mendirikan koperasi, seperti yang dilakukan di Wisma Hijau. Febrina/Radar Depok

DEPOK-Upaya dalam memenuhi sebagian kebutuhan masyarakat. Dinas Koperasi UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok, memberikan fasilitas berupa kegiatan pembinaan bagi calon anggota yang ingin mendirikan koperasi, di Wisma Hijau kemarin. Kegiatan ini terlaksana atas permintaan masyarakat yang akan mendirikan koperasi.

“Mereka butuh sosialisasi apa saja yang dibutuhkan dalam mendirikan koperasi, untuk itu kami fasilitasi calon anggota yang mau ikut koperasi,,” ujar Kepala DKUP Kota Depok, M Fitriawan kepada Radar Depok.

Ia juga menambahkan, selain permintaan masyarakat, DKUP Kota Depok juga memiliki program rutin serupa yang dilaksanakan setiap tahun. Adapun kegiatan lainnya yang terkait yaitu pembinaan, pembentukan koperasi, sosialisasi permodalan dan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Inilah fungsi kami, warga bisa minta penyuluhan ke kami, kami juga telah memiliki program serupa. Jadi ada dua sisi,” tambahnya.

Selain bermanfaat bagi masyarakat, lanjutnya, permintaan kegiatan ini juga membantu DKUP dalam menyosialisasikan seluas-luasnya kepada masyarakat, yang benar-benar serius ingin mengembangkan diri dalam dunia perkoperasian.

“Untuk materinya disesuaikan dengan rencana bidang yang akan diambil. Yang hari ini berjalan lebih kepada koperasi jasa syariah. Kami berikan semacam garis umum dan rangka bagaimana membangun sebuah koperasi,” tegasnnya.

Pada prinsipnya koperasi dibentuk oleh sekumpulan para warga yang berusaha dan ingin mengembangkan usaha bersama-sama.

“Karena dengan bergerak bersama bagi usaha mikro, jadi lebih ringan dan menguntungkan,” tutupnya.(ina)