yamaha-nmax

IST

KONTROVERSI : Sebelum menjalani sidang kasus dugaan penistaan agama, calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sempat menunjukkan dua jari di dalam ruang sidang. Menurutnya pose dua jari itu bukan kampanye sebagai pasangan calon nomor urut dua, melainkan melambangkan victory dan perdamaian, kemarin.

 

JAKARTA – Majelis hakim menolak nota keberatan atau eksepsi yang diajukan oleh terdakwa kasus dugaan penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama. Hakim juga menolak eksepsi yang diajukan oleh penasihat hukum Basuki.

“Keberatan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama dan penasihat hukum tidak dapat diterima,” ujar hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Selasa (27/12).

Dengan demikian, hakim menyatakan surat dakwaan yang disusun jaksa penuntut umum sah secara hukum sebagai dasar melanjutkan persidangan. Persidangan kasus ini pun akan dilanjutkan.

“Sidang akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi-saksi,” ujar hakim Dwiarso.

Sidang tersebut akan dilakukan pekan depan, Selasa (3/1/2017). Selain itu, hakim juga memutuskan untuk menangguhkan biaya perkara sampai dengan vonis nanti. Ahok sebelumnya menyampaikan bahwa dia tidak memiliki niat untuk melakukan penodaan agama terkait ucapannya tentang surat Al Maidah ayat 51.

Menurut hakim, hal tersebut bukan eksepsi dan sudah masuk ke materi dakwaan yang akan dibuktikan dalam persidangan. Hakim juga menolak eksepsi yang diajukan oleh penasihat hukum. Ahok sebelumnya didakwa dengan dakwaan alternatif antara Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP. Jaksa menilai Ahok telah melakukan penodaan terhadap agama serta menghina para ulama dan umat Islam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, sesuai dengan surat izin dari Mahkamah Agung atas dasar permohonan jaksa dan kepolisian, sidang keempat Ahok akan dilaksanakan di Jakarta Selatan.

“Kita lihat gimana di sana (mekanismenya) kita sedang evaluasi, yang pasti sidang keempat kita amankan di sana ya (Kementerian Pertanian),” ujar Argo kepada wartawan.

Argo berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengikuti sidang ketiga Ahok Selasa ini di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Karena, menurut dia, semuanya dapat berjalan lancar dan tertib. Walaupun, kondisi lalu lintas padat merayap.

“Saya lihat tertib ya kendaraan padat merayap. Saya terima kasih kepada semuanya yang berpartisipasi, yang terpenting bisa jalan sama-sama,” ucap Argo.

Menurut Argo, selanjutnya pihaknya akan mempersiapkan pengamanan lokasi sidang keempat Ahok yang akan digelar di Kementerian Pertanian pada tanggal 3 Januari 2017 mendatang.

“Wewenang pengadilan, kepolisian siap pengamanan di Kementan di Ragunan,” kata dia.