PEDULI : Para pemuda Kota Depok melakukan aksi kemanusian rakyat sipil yang tidak berdosa di Kota Aleppo Timur, Suriah dengan melakukan longmarch dan orasi kemanusiaan di jalan di Jalan Margonda Raya, Selasa (20/12).
yamaha-nmax

Organisasi Kepemudaan Depok Serukan Aksi Kemanusiaan

Tragedi kemanusian di Kota  Aleppo Timur, Suriah begitu menyedot perhatian dunia. Pun demikian di Kota Depok. Mereka semua menaruh rasa miris. Tak tega. Kasihan. Tujuh organisasi kepemudaan di Kota Depok kemudian menggelar aksi turun ke jalan. Mereka menyerukan perdamaian.

 

Laporan : MUHAMMAD IRWAN SUPRIYADI

 

Atas nama keadilan dan rasa kemanusiaan, serta nilai-nilai luhur Pancasila dan perintah agama. Tujuh organisasi pemuda di Kota Depok yang tergabung dalam AISI Fondation, KPMD, JPRMI, Fajrul Islam, dan Citron melakukan aksi kemanusian, demi menyelamatkan masyarakat sipil yang tidak berdosa di Kota Aleppo Timur.

 

Mereka menggelar longmarch dan aksi teatrikal di Jalan Margonda Raya, tak jauh dari pusat perbelanjaan D’Mall.

 

“Aksi ini merupakan protes kami dari segala bentuk kekerasan dan penindasan atas dasar apa pun. Karena hal itu bertentangan dengan nurani dan nilai-nilai kebenaran dan kemanusiaan,” kata Koordinator Aksi Pemuda Depok Save Aleppo, Fiqri Faturrahman, kepada Radar Depok.

 

Pihaknya pun mengutuk tragedi yang terjadi Aleppo. Bahkan, kabar yang menyebutkan jika Kota Aleppo sudah ke tangan rezim Al-Assad, kata dia, tentunya bakal semakin memburuk situasi. Potensi pembantaian terhadap rakyat sipil di Kota Aleppo Timur semakin meningkat.

 

“Kami mengutuk keras pembunuhan rakyat sipil di Kota Aleppo Timur, ini seperti upaya genosida. Sebuah kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh rezim Al Assad dan negara-negara pendukungnya. Korban terus berjatuhan, yang tersisa hidup dalam ketakutan dan kelaparan. Ini harus dihentikan,” tandasnya. (*)