IRWAN/ RADAR DEPOK. JAGA KEAMANAN : Sejumlah pasukan GP Ansor bersama ketuanya menjaga keamanan gereja saat malam natal, Sabtu (24/12), di wilayah Jalan Pemuda, Kelurahan Depok, Pancoramas.
yamaha-nmax

DEPOK – GP Ansor Kota Depok turut membantu kelancaran malam misa Natal, Sabtu (24/12) petang. Langkah pengamanan gereja, usai mereka mendapat restu dari pengurus pusat.

Sebelumnya, GP Ansor Kota Depok masih dalam posisi ragu-ragu untuk ikut menjaga gereja. Sebab kala itu, pengurus GP Ansor tingkat pusat belum memberi lampu hijau.

Ketua GP Ansor Kota Depok, Abdul Qadir mengatakan bahwa tujuan mereka berada di sekitar gereja, merupakan partisipasi Nahdlatul Ulama (NU) untuk membantuk pihak kepolisian dan TNI dalam mengamankan perayaan Natal di kota Depok.

“Kami menjaga acara umat Nasrani. Salah satu intinya adalah untuk menjaga kebhinekaan. Di Indonesia tidak hanya umat Islam. Tapi ada umat lainnya seperti Kristen,” kata Qadir kepada Radar Depok.

Ia mengatakan, untuk membantu menjaga keamanan di malam Natal pihaknya menurunkan lebih dari 100 orang. Mereka tersebar di 26 gereja yang berada di kota Depok, khususnya di daerah terpencil.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa pihaknya sebelum malam perayaan Natal juga melakukan patroli keliling guna memastikan keadaan yang damai. “Kami hanya melakukan kewajiban sebagai warga negara yang menjaga toleransi kebhinekaan,” jelasnya.

Dalam penjagaan itu, dirinya mengatakan bahwa  perayaan Natal yang dilakukan oleh umat Nasrani di Depok berjalan lancar sesuai yang diinginkan masyarakat.

Bahkan, ia juga sangat mengapresiasi masyarakat kota Depok yang sangat menjaga kerukunan beragama.”Depok sangat kondusif, masyarakat juga dewasa sehingga umat Kristiani menjalankan Natal dengan damai. GP Ansor hanya berpartisipasi menjaga persatuan,” jelasnya.

Apa yang dilakukan GP Ansor dengan menjaga gereja, ucap Qodir, membuktikan jika agama Islam rahmatan lil ‘alamin atau agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta.

“Kami tidak melihat dari sisi gereja atau masyarakat lain ke kita,” kata Qodir dengan nada lembut.

Qadir berharap, kota Depok yang sudah kondusif, agar dapat dipertahankan. Kedewasaan pola pikir masyarakat harus terus tumbuh demi terjaganya NKRI dari segala macam perpecahan.

“Kita hidup harus saling tolong-menolong dan bersama dalam perbedaan,” harapnya.

Anggota GP Ansor Depok, Reza Arif Rahman mengatakan bahwa dirinya membantu berjaga-jaga di Gereja Toraja Jemat Depok, Jalan Pemuda.

Selain puluhan GP Ansor, kata dia, terlihat  anggota polisi dan TNI yang begitu fokus menjaga situasi malam Natal.

“Tujuan kami agar para umat Nasrani di Depok merayakan malam Natal, agar tercipta suasana yang kondusif seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Reza. (irw)