yamaha-nmax

 

DEPOK – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok telah merampungkan proses seleksi karyawan, beberapa waktu lalu. Dari 150 peserta yang mengikuti tes, sekitar sepuluh calon karyawan telah memenuhi kriteria dan melengkapi seluruh administrasi.

Sekretaris Panitia Seleksi, Zie Zie Zia Sabtama menuturkan, sepuluh karyawan baru tersebut selanjutnya bakal menjalani Diklat Prajabatan (Diklat Prajab) selama seminggu.

“Dari 150 peserta yang ikut tes, yang keterima hingga tes terakhir di PDAM adalah sepuluh orang. Setelah tes kesehatan kemudian ada proses pemanggilan, kami sampaikan arahan dari panitia dan dari direksi, terkait kapan pelaksanaannya, apa yang harus mereka siapkan nanti setelah masuk ke PDAM,” ungkap Zie Zie kepada Radar Depok.

Selain itu, lanjutnya, karyawan baru diharuskan menyiapkan NPWP, rekening bank dan lain-lain untuk proses penggajian. Setelah Diklat Prajab nantinya akan ada ikatan dinas selama tiga tahun sejak mereka menjadi calon pegawai.

“Mungkin 3 Januari 2017 mereka mulai masuk. Sedangkan pelaksanaan Diklat Prajab, PDAM akan melibatkan unsur militer dari TNI,” kata Zie Zie.

Awal masuk Diklat Prajab, materi yang akan disampaikan tentang kedisiplinan, pengetahuan ke PDAM-an, materi disampaikan oleh manager dan senior manager yang ada di PDAM Tirta Asasta Kota Depok.

“Sepuluh pegawai baru tersebut menempati posisi Satuan Pengawas Internal (SPI), Perencanaan Pengembangan (Renbang), Sumber Daya Manusia (SDM), Hukum, Perawatan, IT, dan Pemasaran,” papar Zie Zie, didampingi Direktur Umum, EE Sulaeman.

Selain mendapatkan materi ke PDAM-an, karyawan baru baka memperoleh pengetahuan tentang keuangan, produksi, dan pemasaran. Serta sejumlah peraturan yang akan disampaikan pada saat Prajab.

“Tujuan Prajab, untuk mengenalkan PDAM. Mereka setidaknya sudah paham tentang proses bisnis (kerja) di PDAM. Dan ini untuk membangun karakter karyawan, serta motivasi agar mereka diharapkan lebih disiplin dalam bekerja,” pungkasnya. (gun)