yamaha-nmax

 

DEPOK  –  SMPN 11 Depok mengadakan Jambore Ekstrakulikuler (ekskul) di lingkungan sekolahnya yang berlokasi di Perumahan Sukatani Permai, Kecamatan Tapos. Dalam kegiatan tersebut diikuti siswa-siswa yang tergabung di 11 ekskul di SMPN 11 Depok.

Sekretaris Kegiatan Jambore Ekskul, Titik Sunarsih, mengatakan, 11 ekskul yang ikut serta yakni ekskul pramuka, PMR, paskibra, UKS, peer conselor (tutor teman sebaya), rohis, basket, voli, taekwondo, pencak silat dan karate.

“Jambore ekskul adalah kegiatan yang selalu diadakan tiap tahun, dan pesertanya adalah siswa-siswa yang tegabung di 11 ekskul tersebut. Total ada 184 siswa yang ikut serta dari kelas VII, VIII dan IX,” ucapnya kepada Radar Depok.

Titik menuturkan, dalam kegaiatan yang dilangsungkan selama dua hari, ada materi yang diberikan secara menyeluruh dan ada juga yang diberikan untuk tiap ekskul. Untuk materi yang diberikan ke semua siswa, yakni tentang kepemimpinan, kebangsaan dan training motivasi.

“Tahun ini jumlah ekskulnya lebih banyak. Dimana, tahun lalu ada lima ekskul yang iku serta di Jambore Ekskul,” katanya.

Titik menjelaskan, tujuan dari kegiatan Jambore Ekskul memberikan sarana kegiatan ekstra bagi siswa yang bersifat positif, dengan melatih sikap dan sifat kepemimpinan. Jadi, dalam kegiatan ini digabungkan seluruh kegiatan dari berbagai macam ekskul. Jadi, tidak hanya sekedar mengenal teman dari ekskulnya sendiri, tetapi juga mengenal siswa dari ekskul yang lainnya.

“Peserta didik mampu mempersiapkan diri menjadi tunas bangsa yang berjiwa sosial dan peduli terhadap terhadap sesama,” jelasnya. (Peb)