BERANI: Salah satu kelompok peserta lomba tari sedang menampilkan Tarian Ondel-ondel Betawi.

 

DEPOK – Salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Kota Depok membuat berbagai perlombaan. Salah satunya lomba tari untuk siswa TK dan SD se-Kota Depok, kemarin.

Lomba tari kreasi selain untuk unjuk bakat dan kreativitas seni, juga sekaligus dijadikan sebagai ajang mengenalkan budaya pada anak-anak.

“Tujuan lomba agar menumbuhkan rasa percaya diri anak saat tampil di depan umum. Walau ada yang masih malu-malu, tapi melihat temannya yang lain berani jadi mereka termotivasi agar tampil berani juga,” ujar Ina, orangtua peserta lomba tari.

Lomba sengaja dikhususkan kepada anak-anak TK dan SD. Pasalnya di usia ini memori mereka tergolong masih bersih, sehingga lebih mudah untuk dikenalkan dan agar mencintai seni budaya bangsa sendiri.

“Saya lihat antusiasme anak-anak untuk ikut lomba cukup tinggi, dan senang rasanya melihat mereka. Dengan segala tingkah polah lucunya. ada yang menangis karena terjatuh, ada juga yang sangat senang berada di panggung menampilkan tarian daerah,” katanya.

Kostum yang dikenakan peserta tari sangat beragam dan berwarna sesuai dengan tema dari asal daerah tarian yang ditampilkan.

“Tak hanya lomba tari. Tapi ada juga lomba kreasi menghias cookies,” kata Ina, yang sengaja mengikut sertakan anaknya dalam lomba ini. (mg8)