Febrina/Radar Depok DISERAHKAN : Kepala Balai Sertifikasi Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian perdagangan RI, Anis Zukri memrikan Sertifikat SNI untuk Pasar Sukatani kepada Kasubag UPT Pasar Sukatani, Nadelia, kemarin.
yamaha-nmax

DEPOK  –  Akhirnya cita-cita Pasar Sukatani terwujud. Kemarin, pasar rakyat ini resmi berstatus SNI setelah diberikannya sertifikat dari Kementerian Perdagangan. Pasar Sukatani tercatat sebagai pasar rakyat pertama di 2016 yang menerima sertifikat SNI untuk kategori pasar rakyat dari seluruh Indonesia.

 

Kasubag UPT Pasar Sukatani, Nadelia mengungkapkan, Pasar sukatani mencatat sejarah dengan nilai tertinggi yang pernah ada yaitu 100 persen untuk semua kriteria. Dengan demikian sertifikat yang didapat dengan kelas Mutu 1 nilai tertinggi dalam penilaian SNI Pasar Rakyat Indonesia.

 

“Alhamdulilah sertifikatnya telah didapatkan Pasar Sukatani, bahkan nilainya tertinggi,” ujar Nadel kepada Radar Depok, kemarin.

 

Nadel menambahkan, penyerahan sertifikat SNI untuk Pasar Sukatani rencananya akan diserahkan Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan, kepada Walikota Depok pada 23 Desember 2016 saat perayaan Hari Ibu di Balaikota Depok. Pasar Sukatani Depok untuk tahun 2016 tercatat sebagai Pasar yang pertama memperoleh SNI untuk Pasar rakyat di Indonesia, menyusul kabupaten temanggung.

 

“Penyerahan sertifikat SNI akan diberikan kepada Walikota Depok,” ungkapnya.

 

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok, M Fitriawan mengatakan, se-Indonesia sampai saat ini baru ada lima pasar rakyat yang mendapat sertifikat SNI. Sedangkan di Depok sendiri dari lima pasar baru Pasar Sukatani yang bersertifikat SNI.

 

Harapannya dengan diberikannya sertifikat ini semoga kedepan pengelolaannya terus bisa konsisten dalam menerapkan standar pelayanan pasar yang tertib, bersih dan nyaman. Jika kondisi ini bisa dipertahankan maka akan memberikan kepuasan bagi masyarakat atau konsumen. “Pertahankan dan terus berikan yang terbaik,” tutup Fitriawan. (ina)