JADI PRIORITAS: Camat Cilodong (kiri), perwakilan Dishub, Lurah Kalibaru, Kepala SDN Kalibaru 1 dan 4, LPM Kalibaru, usai rapat pertemuan membahas pelebaran Jalan Abdul Gani 2.
yamaha-nmax

 

 

KALIBARU  –  Macet yang kerap melanda pertigaan Jalan Abdul Gani 2 dengan Abdul Gani Raya di Kelurahan Kalibaru, Cilodong, tak bisa terelakan setiap pagi dan sore hari.Camat Cilodong mencarikan jalan keluar dengan berencana melakukan pelebaran di jalan tersebut.

“Pelebaran jalan mudah-mudahan sebagai solusi dari kemacetan yang selalu dirasakan pengendara saat jam sibuk,” kata Camat Cilodong, Mulyadi, usai pertemuan dengan Kabid Dalops Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Lurah Kalibaru, LPM Kelurahan Kalibaru, Kepala SDN Kalibaru 4 dan 1, serta tokoh masyarakat, kemarin.

Pelebaran jalan yang rencananya akan dimasukkan ke dalam usulan tahun 2017 akan sedikit memakan halaman SDN Kalibaru 4. Mulyadi mengatakan, pelebaran jalan yang menghubungkan ke Kabupaten Bogor tersebut harus segera direalisasikan.

“Ini kalau pagi dan sore macet banget. Ini saja salah satu tembok sekolah ada yang rusak, mungkin karena ditabrak pengendara yang tidak sabar,” kata Mulyadi.

Sebenarnya, sambungnya, pihak SDN Kalibaru 4 telah mengusulkan pelebaran jalan sejak setahun lalu. Selain pelebaran jalan, dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai pemagaran dan rencana perbaikan drainase sekolah.

“Dalam rapat tadi juga dibahas tentang permasalahan banjir yang selalu menggenangi SDN Kalibaru 1 dan 4. Setelah kami cek ternyata drainasenya harus diperbaiki,” tandas Mulyadi.

Sedangkan Kepala SDN Kalibaru 4, Nurhasan, mengatakan, jika hujan ketinggian banjir bisa mencapai 30-40 centimeter (cm).

“Sudah pasti seluruh ruang kelas sampai ruang guru terendam, dan sangat tidak nyaman,” katanya.

Kepala SDN Kalibaru 1, Sulistiowati, membenarkan jika kondisi SDN Kalibaru 1 dan 4 sangat memprihatinkan saat hujan.

“Bisa kali untuk pelihara lele kalau lagi banjir,” ujar Sulis-sapaannya.

Ia mengaku telah mengajukan kepada Dinas Pendidikan agar saluran air dilakukan perbaikan. “Sampai sekarang belum ditangani,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua LPM Kelurahan Kalibaru, Burhanudin Abuy, mengatakan seluruh hasil pertemuan akan diajukan dalam usulan prioritas Musrenbang awal 2017. Sehingga bisa langsung dilaksanakan.

“Masalahnya ini urgent. Karena jalan lintas penghubung Kota Depok dan Kabupaten Bogor,” kata Abuy.

Rencana pelebaran jalan sekitar 2 meter dengan panjang 60 cm.

“Selain masuk usulan Musrenbang, bisa diupayakan dengan sumber dana lain. Pokoknya ini sangat prioritas,” tutup Abuy. (ade)

 

GRAFIS///

Rencana Pelebaran Simpang Jalan Abdul Gani

>> Jadi penghubung Kota Depok dengan Kabupaten Bogor

>> Kondisi jalan saat ini tidak memadai dengan lebar

>> Jika jadi diperlebar, halaman SDN Kalibaru 1 dan 4 akan terkena imbasnya

>> Rencana pelebaran sekitar 2 meter dengan panjang 60 cm pada sisi kanan dan kiri

>> Usulan akan jadi prioritas pada Musrenbang 2017

>> Pertemuan turut membahas pemagaran dan perbaikan drainase SDN Kalibaru 1 dan 4