SERUKAN : Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok, Eka Bachtiar mewakili Pemerintah Kota Depok saat kegiatan Save Our Child On The Internet di Margo City.
yamaha-nmax

DEPOK  –  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar acara Save Our Child On The Internet di Margo City, kemarin. Kegiatan ini berupa talkshow dan beberapa acara lain seperti, lomba gambar dan pidato internet sehat. Program ini dimaksudkan agar anak-anak lebih bijak dalam menggunakan internet.

“Dengan adanya kegiatan ini tentu sangat bermanfaat dan mengedukasi,” ujar Kepala BPMK Kota Depok, Eka Bachtiar kepada Radar Depok, kemarin.

Eka menambahkan, ada beberapa point dalam menggunakan internet sehat. Jika ada anak dibawah umur maka wajib didampingi oleh orang dewasa. Meletakkan komputer ditempat terbuka sehingga mufah diawasi. Untuk anak-anak harus dibuatkan jadwal penggunaan komputer sehingga lebih bertanggungjawab.

Jika ada yang mengirimkan file dari orang yang tidak dikenal jangan dibuka atau diterima untuk menangkal pengaruh negatif.

Jangan memberikan data pribadi atau apapun kepada orang lain terlebih jika menggunakan jaringan internet dan komputer dirumah. Segera matikan atau tutup situs yang baik sengaja atau tidak disengaja dibuka. Biasakan membuka situs yang memang bermanfaat dengan membiaskaan anak untuk bercerita apa yang dilihat di internet. Beritahukan kepada anak agar tidak gegabah untuk bertemu dengan orang yang baru dikenal. Jika memaksa maka anak harus didampingi orang dewasa ketika bertemu.

“Jika panduan tersebut diterapkan mudah-mudahan anak-anak Depok bosa dijauhkan dari pengaruh negatif internet,” tegasnya.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Adhy Parayudha mengatakan, informasi melalui internet berkembang pesat. Oleh karena itu disini peran pemerintah dan masyarakat samgat diperlukan. Situs-situs yang membahayakan tentunya sudah diblokir. Dan jika ada situs yang kurang baik untuk anak-anak itu menjadi kewajiban orang tua untuk mengawasi.

Misalnya, dengan duduk bareng ketika membuka internet atau memblokir di settingan komputer atau laptop ataupun gadget sehingga tidak bisa membuka situs tidak jelas dan langsung memfilter.

” Semua pihak harus bekerjasama disini, komunikasi dua arah harus dilakukan,” tutup Adhy. (ina)