PEBRI/RADAR DEPOK KEAGAMAAN: Guru SDN Sawangan 7 dan tamu undangan serta Walikota Depok, Mohammad Idris berfoto bersama usai kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di sekolah tersebut.

 

SAWANGAN – Sesuai dengan program yang dijalaninya, yakni sebagai Sekolah Diniyah, SDN Sawangan 7 mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam kegiatan yang dihadiri Walikota Depok, Mohamad Idris diisi dengan berbagai penampilan siswa-siswa yang berkaitan dengan keagamaan.

 

Kepala SDN Sawangan 7, Halim Puadi mengatakan, hari-hari besar keagamaan ataupun nasional memang selalu diisi dengan berbagai macam-macam kegiatan. Tidak hanya itu saja, ada juga penampilan dari dai cilik di SDN Sawangan 7, yakni Fadilatul hamid siswa kelas VI.

 

“Kegiatan maulid nabi ini, tidak hanya menjadi kegiatan sekolah, tetapi ini adalah kegiatan yang diadakan komite sekolah dan dewan kelas. Jadi, kerjasama sekolah dengan orang tua siswa,” ucapnya kepada Radar Depok.

 

Halim menjelaskan, yang dimaksud dengan Sekolah Diniyah adalah sekolah yang menerapkan kegiatan-kegiatan keagamaan yang lebih dari sekolah-sekolah lainnya. Jadi, usai proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas, siswa lanjut dengan pembelajaran keagamaan, diluat dari mata pelajaran agama. Tetapi, ada juga kegiatan salat duha dan dzuhur berjamaah.

 

“Pelajaran yang dipelajari usai KBM, yakni aqidah akhlak, sejarah budaya islam, fiqih dan Al quran-hadist. Ini berlaku untuk siswa kelas III – VI,” terangnya.

 

dalam kesempatan tersebut, diisi juga dengan pemberian sertifikat tanah kepada Pemkot Depok, dimana dalam kesempatan tersebut Walikota Depok, Mohamad Idris yang menerimanya langsung.

 

Halim menuturkan, tanah seluasa 782 meter adalah tanah wakaf yang merupakan hibah dari Asmawi Zein di Jalan Pemuda, RT 03/06, Kelurahan/Kecamatan Sawangan. “Meskipun sempat berpolemik, tetapi akhirnya ada solusi dan rampung, sehingga tanahnya sudah sah menjadi aset Pemkot Depok, untuk sarana pendidikan,” terangnya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW, Sofa Marwah mengatkaan, perayaan maulid nabi memang menjadi agenda tahunan, dan selalu diinisiasi dari orang tua siswa. Tentunya kerjasama dengan pihak sekolah. Karena, untuk kemajuan sekolah, tidak hanya sekedar tugas dari guru atau pemerintah saja, tetapi harus ada peran serta dari orang tua siswa.

 

“Orang tua di SDN Sawangan 7 selalu aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah, tentunya kegiatan yang memang  bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari pembelajaran untuk siswa,” tuturnya. (peb)