RICKY/RADAR DEPOK SEMANGAT NASIONALIS: Wadanramil 06/Cimanggis, Kapten Arh Ema Suherman bersama guru dan siswa SKM Forward Nusantara, usai memberikan materi wawasan kebangsaan, Jumat (23/12).
yamaha-nmax

 

 

TAPOS – Koramil 06/Cimanggis bekerja sama dengan SMK Forward Nusantara mengadakan Seminar Bela Negara tentang wawasan kebangsaan (wasbang) dan kebhinekaan kepada 100 siswa di SMK Forward Nusantara, yang berada di Perumahan Kedayutama RT01/13 Kelurahan Sukatani, Tapos, Jumat (23/12).

Seminar menghadirkan narasumber, Danramil 06/Cimanggis, Mayor Inf Hari Sistiyono dan Wadanramil 06/Cimanggis, Kapten Arh Ema Suherman turut dihadiri, Lurah Sukatani, Jarkasih, LPM, Ketua Yayasan SMK Forward Nusantara, Yudi Setiawan, LPM, PKK RW12 dan FKPPI.

Danramil 06/Cimanggis, Mayor Inf Hari Sistiyono mengatakan, wawasan kebangsaan dan kebhinekaan memiliki peran penting yang sangat vital untuk mewujudkan keutuhan bangsa. Sebab, menurut dia, saat ini, rasa cinta tanah air dan penghargaan terhadap bangsa dan Negara sudah mulai memudar.

Baca Juga  ASN Sawangan Peduli Cianjur

“Sangat penting untuk menumbuhkan pemahaman ini kembali kepada generasi muda,” kata Hari kepada Radar Depok, kemarin.

Terlebih, lanjut Hari, dalam kondisi saat ini, dimana banyak masyarakat Indonesia, terutama generasi muda yang sudah tidak paham lagi tentang pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, akibatnya timbul berbagai permasalahan kebangsaan di negeri ini.

“Seperti tawuran antar pelajar yang ada di tiap wilayah, vandalis dan pengrusakan terhadap sarana umum serta aktivitas negatif lainnya,” tutur Danramil.

Wadanramil 06/Cimanggis, Kapten Arh Ema Suherman menambahkan, wawasan kebangsaan juga mewujudkan keutuhan bangsa yang kian memudar dalam hal rasa cinta tanah air dan penghargaan terhadap bangsa dan Negara.

Kata Ema, pudarnya rasa nasionalisme ini diakibatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap wawasan kebangsaan semakin minim.

Baca Juga  23 Siswa PAUD Ceria Lulus

“Untuk itu, kami dari TNI, sesuai arahan dari pimpinan pusat, selalu siap memberikan materi wawasan kebangsaan bagi siswa dan masyarakat,” kata Ema.

Ia mengharapkan agar apa yang disampaikan dapat dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga, jika nantinya bukan hanya berkepribadian dan berwawasan kebangsaan yang baik.

“Tetapi, juga menjadi modal dasar para generasi muda untuk membantu menjaga keutuhan NKRI suatu saat nanti bila Negara membutuhkan,” tandasnya.

Ketua yayasan SMK Forward Nusantara, Yudi Setiawan mengucapkan terima kasih atas pembekalan yang dilakukan Koramil 06/ Cimanggis dan kehadiran seluruh undangan. “Juga kepada SMP Karakter Harjamukti dan SMP At Taufik yang turut hadir dikegiatan yang kami selenggarakan,” kata Yudi.

Baca Juga  LSP P1 SMK Sari Farma Gelar USK untuk Siswanya

Kedepannya, lanjut Yudi, pihaknya akan lebih intens dan menjalin komunikasi dengan aparatur keamanan untuk memberikan berbagai materi yang berguna untuk pembentukan karakter peserta didik di sekolahnya.

β€œIni akan berkelanjutan. Harapan saya, semoga dapat menumbuhkan wawasan kebangsaan yang baik untuk siswa,” pungkasnya. (cky)