yamaha-nmax

BERI ARAHAN: Rektor UI, Muhammad Anis, memberikan sambutan dalam pengumuman hasil ranking UI GreenMetric 2016 di Kampus UI, kemarin siang. JUNIOR/RADAR DEPOK

 

 

DEPOK Universitas Indonesia (UI) mendapat peringkat pertama dalam penilaian ranking UI GreenMetric 2016 Indonesia, atau sebagai Kampus Hijau Terbaik di Indonesia.

Di Posisi kedua, diraih Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Pertanian Bogor (IPB) di posisi ketiga.

Selanjutnya di dalam skup penilaian di dunia, UI masuk di posisi ketiga. University of California Davis menjadi yang terbaik di dunia.

Di peringkat kedua dipegang oleh University of Nottingham, Inggris serta Waganingen University & Research, Belanda pada peringkat ketiga. Rektor UI, Muhammad Anis, mengatakan, melalui UI GreenMetric phaknya konsisten mempertahankan kepeloporannya dalam pemeringkatan UI GreenMetric melalui pengembangan alat ukur kampus hijau.

“UI berbangga hati dapat mengambil peran didalam mendukung pencapaian pengembangan infrastruktur kampus hijau di dunia,” ungkapnya kepada Radar Depok, kemarin.

Ia ingin agar dari UI GreenMetric, Perguruan Tinggi se-dunia mampu mengambil bagian pada upaya preventif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim. “UI terus berupaya untuk membangun generasi yang ramah lingkungan serta menjadi trendsetter dalam pemeringkatan di bidang keberlanjutan dan lingkungan hidup,” jelasnya.

Untuk diketahui, UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Jumlah peserta UI GreenMetric Ranking of World Universities pada tahun 2016, menjadi 516 dari sebelumnya 74 negara (tahun 2015 diikuti 407 perguran tinggi dari 65 negara).

Terdapat pula beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2016 yaitu Algeria, Bahrain, Finlandia, Honduras, Kazakhstan, Kyrgyzstan, New Zealand, Nikaragua, Nigeria, Norwegia dan Venezuela.

“Di Indonesia, terdapat 49 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric,” tambah Ketua UI GreenMetric, Riri Fitri Sari.

Dikatakan Riri, Pada tahun 2016, UI GreenMetric menginisiasi sebuah jaringan universitas yang dinamakan UI GreenMetric Network Hub. Jaringan ini akan dijadikan forum bagi universitas-universitas yang berpartisipasi dalam UI GreenMetric untuk berbagi berbagai best practice yang telah diterapkan di universitas masing-masing.

“Beberapa langkah nyata yang telah dilakukan antara lain dengan mengadakan tiga workshop teknis di tahun ini di Rusia, Turki dan Jordania dengan tuan rumah universitas lokal di tiap negara tersebut,” pungkasnya. (jun)