MUSRENBANG : Anggota Dewan Dapil Sawangan - Cipayung- Bojongsari Lahmudin Abdullah dan Maad Arif saat mengikuti Musrenbang di Kelurahan Bojongsari belum lama ini.
yamaha-nmax
MUSRENBANG : Anggota Dewan Dapil Sawangan – Cipayung- Bojongsari Lahmudin Abdullah dan Maad Arif saat mengikuti Musrenbang di Kelurahan Bojongsari belum lama ini. Foto: Irwan/Radar Depok

Setiap anggota dewan Kota Depok, saat ini tengah ambil bagian dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tiap dapilnya masing-masing. Disarankan 30 persen dari dana Rp2 milyar (anggaran buat kelurahan) disalurkan untuk pengembangan perekonomian masyarakat.

Laporan: MUHAMMAD IRWAN SUPRIYADI, Radar Depok

Musrenbang biasanya digunakan untuk menentukan pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas di tiap wilayah. Semua usulan dari berbagai pengurus RT, RW, dan tokoh masyarakat didengarkan.

“Musrenbang itu memang  bermusyawarah menentukan prioritas pembangunan infrastruktur dan program pemberdayaan masyarakat,  selama satu tahun kedepan,” kata Ketua Komisi D DPRD Kota Depok, Lahmudin Abdullah.

Dari tahun ke tahun, setiap pelaksanaan musrenbang, selalu yang menjadi primadona adalah pembangunan infrastruktur. Itu karena memang kemauan dari masyarakat sendiri. “Masih prioritas pembangunan,” ucapnya.

Padahal, sejumlah program lain, seperti menyejahterakan warga dengan pengembangan perekonomian juga tak kalah penting. “Tiap kelurahan kan sudah dianggarkan Rp 2 milyar. Saran saya 30 persen untuk pengembangan ekonomi,” tegas Politisi PAN itu.

Pengembangan ekonomi, bisa lewat bidang pertanian, budidaya ikan hias, dan banyak lagi.

“Kami berharap kedepan ada usulan seperti itu, ”  harapnya.

Anggota DPRD Kota Depok lainya, Mad Arif, berjanji akan mengawasi anggaran di musrembang agar terserap. “Kami akan kawal itu,” katanya.

Ia pun mengaku bahwa akan memberikan setengah anggaran pokok pikiran dewan miliknya ke Kelurahan Duren Mekar. Karena disana, masih banyak pembangunan infrakstruktur yang harus dibangun.

“Terdapat dana Rp700 juta yang saya berikan untuk pembangunan di Duren Mekar. Dan sisanya anggaran buat kelurahan lainnya,” tandas politisi PDIP tersebut. (*)