PEBRI/RADAR DEPOK SUDAH RESMI: Kasubag TU UPT Pendidikan TK dan SD Kecamatan Beji, Siti Nurjanah (kanan), menyerahkan sertifikat kepada Kepala SDN Kemirimuka 1, Engkoy Rukoyah, kemarin.

 

SUDAH RESMI: Kasubag TU UPT Pendidikan TK dan SD Kecamatan Beji, Siti Nurjanah (kanan), menyerahkan sertifikat kepada Kepala SDN Kemirimuka 1, Engkoy Rukoyah, kemarin. Foto: Pebri/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Empat SDN di kawasan Kecamatan Beji, mendapatkan sertifikat tanahnya. Ini merupakan program dari Pemkot Depok, agar sekolah-sekolah negeri memiliki legalitas. Dengan begitu, tidak ada lagi orang-orang yang mempermasalahkan hukum tanah tersebut.

Kasubag TU UPT Pendidikan TK dan SD Kecamatan Beji, Siti Nurjanah mengatakan, empat SDN tersebut diantaranya, SDN Beji 2, SDN Kemirimuka 1, SDN Kramat Beji dan SDN Pondok Cina 1. Mereka mengurusnya cukup cepat, yakni hanya memakan waktu sekitar sebulan.

“Sebenarnya mendapatkan jatah lima SDN di Kecamatan Beji yang membuat sertifikat. Tetapi, satu lagi SDN Pondok Cina 2 yang sedang masih mengurus,” ucapnya kepada Radar Depok.

Nur-sapaannya-menjelaskan, SDN yang sudah bersertifikat sebelumnya, yakni SDN Beji 4, 5, 6 dan 7. Sedangkan SDN yang lainnya, masih belum memiliki sertifikat. Nur berharap, semua SDN di kawasan Kecamatan Beji, bisa segera memiliki sertifikat semuanya. Karena dengan begitu, sekolah-sekolah tidak akan terkena lagi permasalahan kepemilikan tanah.

“Biasanya yang menjadi masalah adalah tanah-tanah wakaf yang sudah bertahun-tahun. Jadi, ada orang yang mengaku tentang kepemilikan tanah tersebut. Tetapi, dengan sudah ada sertifikat, maka SDN tersebut sudah menjadi milik Pemkot Depok secara resmi,” katanya.

Sementara itu, Kepala SDN Kemirimuka 1, Engkoy Rukoyah menuturkan, dengan sudah bersertifikatnya tanah sekolahnya, dirinya menjadi lebih tenang. Karena, dengan begitu, sudah secara resmi milik Pemkot Depok. Tidak hanya itu, sertifikat sekolah terkadang sudah menjadi bahan pertanyaan saat sekolahnya sedang mengikuti suatu perlombaan atau akreditasi sekolah.

“Sewaktu penilaian SSN, saya sempat di tanya tentang sertifikat sekolah. Jadi, sertifikat tanah sekolah itu sangat penting juga,” katanya. (peb)