Foto: Pebri/Radar Depok HARI BAIK: Kepala SD Muhammadiyah Sawangan, Juanda (kanan), bersama dengan guru saat menyambut siswa yang datang ke sekolah di pagi hari.
yamaha-nmax

 

HARI BAIK: Kepala SD Muhammadiyah Sawangan, Juanda (kanan), bersama dengan guru saat menyambut siswa yang datang ke sekolah di pagi hari. Foto: Pebri/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Untuk memberikan semangat siswa untuk bersekolah, SD Muhammadiyah Sawangan menerapkan pola 5 S yang dijalankan guru-guru. Yang dimaksud dengna 5 S tersebut, yakni sapa, salam, senyum, sopan dan santun.

Kepala SD Muhammadiyah Sawangan, Juanda mengatakan, jadi dalam program 5 S tersebut, guru-guru menyambut siswa yang datang ke sekolah di pagi hari. Jadi, guru memberikan sambutan yang hangat untuk siswa. Dengan begitu, diharapkan siswa menjadi semangat untuk datang ke sekolah.

“Kami ingin memberikan suasana yang hangat dan nyaman di sekolah. Oleh karena itu, perlu ada perlakuan yang baik juga untuk siswa saat mereka datang ke sekolah,” ucapnya kepada Radar Depok.

Juanda menjelaskan, dengan memberikan sambutan yang baik untuk siswa. Tentu diharapkan, siswa bisa lebih semangat untuk datang ke sekolah. Karena, di jenjang SD, mood siswa untuk belajar ke sekolah masih labil. Jadi, harus bisa menumbukan mood baik saat siswa sampai di sekolah.

“Sekolah adalah tempat pendidikan yang harus menyenangkan untuk menuntut ilmu. Karena, mereka menghabiskan waktu berjam-jam di sekolah. Oleh karena itu, suasana di sekolah harus bisa memberikan rasa nyaman dan aman untuk mereka beraktifitas,” katanya.

Untuk teknisnya, tiap paginya tiga guru berdiri di sekitaran sekolah dan menyambut siswa. Tiap harinya dibuat jadwal piket untuk guru yang bertugas menyambut siswa. Sekarang ini di SD Muhammadiyah Sawangan ada 20 guru, sedangkan jumlah siswanya ada 456.

“Guru tidak hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan saja untuk siswa. Tetapi, juga bisa memberikan contoh sikap dan sifat untuk siswanya,” katanya. (peb)