SMK KARYA MUDA FOR RADAR DEPOK PRAKTIK: Siswa SMK Karya Muda sedang merapikan tempat tidur di hotel yang menjadi tempat PKL-nya.
yamaha-nmax

 

PRAKTIK: Siswa SMK Karya Muda sedang merapikan tempat tidur di hotel yang menjadi tempat PKL-nya. Foto: SMK Karya Muda For Radar Depok

BEJI – Sebanyak 82 siswa kelas XI dari SMK Karya Muda sedang melangsungkan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Mereka berasal dari jurusan Akomodasi Perhotelan dari SMK yang berasal dari SMK yang berlokasi di Jalan Margonda Raya, Gg. Keramat Batas No 50, Kecamatan Beji tersebut.

Kepala SMK Karya Muda, Selamet mengatakan, mereka melakukan proses PKL tersebut antara 4 – 6 bulan tergantung dari komitmen dari tempat mereka magang dan juga dari pihak sekolah. Tetapi, mayoritas hotel yang menjadi tempat magang siswa, enam bulan lamanya magang.

“Biasanya yang magang selama empat bulan, PKL-nya di hotel bintang 2 atau 3. Sedangkan, untuk yang enam bulan di hotel bintang 4 dan 5,” ucapnya kepada Radar Depok.

Selamet menuturkan, untuk lokasi PKL-nya diarahkan oleh pihak sekolah. Karena, sampai sekarang ini ada 15 hotel yang telah menjalin kerjasama dengan SMK Karya Muda, baik itu untuk peningkatan kualitas pendidikan atau juga untuk tempat PKL siswa. Dengan begitu, siswa bisa lebih terarah dan juga melakukan PKL di tempat yang tepat, untuk memberikan pengalaman belajar.

“Kami dari sekolah sebelumnya telah menjalin kerjasama dahulu dengan pihak hotel. Jadi, siswa terbantu dalam mencari tempat untuk PKL,” katanya.

Selamet menjelaskan, dengan melakukan PKL, maka siswa bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di sekolah. Siswa juga akan mendapatkan tambahan wawasan tentang dunia kerja secara nyata di hotel. Jadi, siswa tidak hanya tahu secara teori saja, ketika lulus mereka sudah mendapatkan pengalaman secara dunia kerja.

“Dunia usahanya juga menjadi tahu kualitas siswa. Karena ada beberapa siswa yang telah lulus, lalu mereka bekerja di tempat mereka PKL dahulunya. Jadi, membuka siswa juga untuk bisa mendapatkan perhatian dari dunia usaha,” tuturnya. (peb)