yamaha-nmax

KERJA, KERJA, KERJA: Tim Kebersihan DLHK wilayah Tapos membersihkan Jalan Raya Bogor di depan Kostrad Cilodong wilayah Kelurahan Cilangkap, Tapos.RICKY/RADAR DEPOK.

 

TAPOS – Tim Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) wilayah Tapos terus mengintensifkan bebersih di jalan lintas provinsi yang melintasi Kota Depok. Mereka juga berupaya membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya dari pelaku pembuang sampah liar.

“Titik fokus jalan raya protokol dan antisipasi TPS liar. Selain membersihkan sesuai dengan tugas kerja, personil kami yang berjumlah 20 orang juga selalu berupaya menggandeng masyarakat untuk peduli terhadap lingkungannya,” kata Koordinator Tim Kebersihan DLKP Wilayah Tapos, Asep Priyatman, di sela giat bernsih-bersih di depan Kostrad Cilodong, Jalan Raya Bogor wilayah Kelurahan Cilangkap, Tapos.

Saat ini kesadaran masyarakat akan kebersihan masih minim. Ini bisa dilihat ketika timnya bekerja mengangkut di TPS liar, tetapi, besoknya sudah ada lagi yang membuang di lokasi tersebut.

“Kalau warga peduli akan lingkungannya, dia dapat mengawasi dan menegur orang yang membuang sampah sembarangan. Paling tidak, dia sendiri yang tidak membuang sampah liar,” kata Asep.

Pengawas kebersihan Kelurahan Cilangkap, Maruntung, menambahkan, saat ini kesadaran masyarakat masih kurang, karena masih saja ada yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Seperti menjadikan sungai tempat membuang sampah.

“Sampah itu menjadi masalah serius ketika tidak ditangani dengan baik dan ada pembiaran dari masyarakat. Semoga melalui sosialisasi langsung yang kami lakukan, dapat menggugah kesadaran masyarakat,” kata Maruntung. (cky)