SILATURAHMI : Lurah Abadijaya,Pairin bersama beberapa tokoh masyarakat saat menghadiri kegiatan. Foto: Febrina/Radar Depok
yamaha-nmax
SILATURAHMI : Lurah Abadijaya,Pairin bersama beberapa tokoh masyarakat saat menghadiri kegiatan. Foto: Febrina/Radar Depok

Mengupas Sejarah Nama-nama Kelurahan di Depok (104)
Kelurahan Abadijaya merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Sukmajaya. Kelurahan ini menjadi kelurahan terpadat kedua setelah Mekarjaya. Ada 29 RW dan 193 RT dengan luas wilayah 215 hektar. Kelurahan ini dipadati dengan permukiman, pasar dan kini banyak usaha-usaha kuliner dan fashion.

laporanĀ : FEBRINA, Radar Depok

Sejak 1999 dimekarkan, Kelurahan Abadijaya dibentuk supaya tidak terlalu padat. Kebanyakan masyarakatnya memiliki pekerjaan sebagai pegawai dan juga banyak yang menjalankan usaha.

Terlebih saat ini akses jalan yang tersambung dari beberapa lajur jalan utama membuat masyarakat Abadijaya membuka kesempatan dalam membuka usaha.

Sepanjang jalan, banyak rumah yang disulap menjadi tempat usaha. Ada juga beberapa yang memang mendirikan ruko kemudian disewakan.

“Karena dulunya kepadatan makanya dimekarkan dan saat ini banyak masyarakatnya yang menjalankan bisnis,” ujar Lurah Abadijaya, Pairin.

Pairin menambahkan, menurut cerita dari masyarakat, nama Abadijaya dijadikan sebagai nama kelurahan dengan harapan supaya kebaikan yang dilakukan baik oleh pemerintahan di tingkat kelurahan selalu abadi.

Komunikasi yang baik antara pihak pemerintah dengan masyarakatnya selalu terjalin dengan baik.

Bahkan, setiap ada program baik dari pemerintah maupun swasta, warga Abadijaya dengan cekatan mengikutinya.

Lokasi kantor kelurahan yang berdekatan dengan Pasar Musi dan berada di dalam wilayah permukiman warga. Ini sebagai salah satu bentuk bukti nyata kedekatan antara masyarakatnya dengan pemerintah.

“Kalau abadi ya supaya hubungan antara pemerintahnya dengan masyarakat selalu terjalin dengan baik, langgeng,” tandasnya.(bersambung)