Foto: Ferdian/Radar Depok PEMBIBITAN: Menempati lahan 5 Hektare, Nurjali dan Poktan Tunas Harapan menunjukan cabai yang mereka tanam, belum lama ini.
yamaha-nmax

 

PEMBIBITAN: Menempati lahan 5 Hektare, Nurjali dan Poktan Tunas Harapan menunjukan cabai yang mereka tanam, belum lama ini. Foto: Ferdian/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM  Harga cabai yang belakangan melonjak naik, membawa pengaruh kepada penjualan bibit cabai kelompok petani (Poktan) Tunas Harapan di RT04/RW08 Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan. Mereka kewalahan memenuhi permintaan bibit cabai dari Korem 051 WKT, Kodim Depok dan Pemkot Depok.

Permintaan bibit cabai yang melonjak ini kata ketua Poktan Tunas Harapan, Nurjali, merupakan pemenuhan program penanaman cabai di instansi pemerintah.

“Katanya sih banyak permintaan untuk program tanam cabai. ini udah dua bulan belakangan permintaan bibit cabai tinggi,” ucap dia ditemui di kebunnya belum lama ini.

Kelompok tani yang tidak secara khusus menanam cabai ini, menurut dia, mulai banyak mengembangkan bibit cabai yang banyak dicari, semisal bibit cabai rawit, rawit setan dan bibit cabai keriting.

“Banyak yang cari bibit cabai rawit. permintaan yang banyak, jadinya kita harus ambil stok cabai di teman-teman petani lain,” ujar dia.

Harga cabai yang naik menurut dia, tak semata-mata membuat harga bibit cabai naik juga. bibit cabai yang dijual di dalam poly bag dibandrol harga Rp3.000 per bibit.

“Kalau ditempat lain memang katanya bibit cabai bisa Rp 10.000. Tapi Kalau kami, jualnya seperti harga biasa,” terang dia.

Hingga saat ini, Poktan Tunas Harapan telah menjual 2.000 lebih bibiit cabai. Jumlah ini, menurut Nurjali akan terus naik, karena permintaan yang masih  banyak.

“Permintaan setiap hari masih ada aja. makanya ada beberapa bibit yang masih terus kami kembangkan,” pungkas pria yang pernah menjadi guru tersebut. (bry)

Tentang Penjualan Bibit Cabai di Poktan Tunas Harapan

– Kewalahan Melayani Permintaan Korem 051 WKT, Kodim Depok dan Pemkot Depok

– Bibit cabai yang paling dicari, bibit cabai rawit, rawit setan dan bibit cabai keritin

– Poktan Tunas Harapan Membandrol harga Rp3.000 per bibit

– Poktan Tunas Harapan telah menjual 2.000 lebih bibiit cabai