Foto: Ricky/Radar Depok AYO SEHAT: ASN Kecamatan Cimanggis bersama lansia senam bersama di halaman kantor Kecamatan Cimanggis.
yamaha-nmax

 

AYO SEHAT: ASN Kecamatan Cimanggis bersama lansia senam bersama di halaman kantor Kecamatan Cimanggis. Foto: Ricky/Radar Depok

Kecamatan Cimanggis Menuju Sahabat Lansia

Mewujudkan Cimanggis sebagai Sahabat Lansia, kecamatan tersebut mengadakan aneka program dan kegiatan untuk para lansia yang ada di wilayahnya. Apa saja agendanya?

Laporan: RICKY JULIANSYAH, Radar Depok

Jumat pagi, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di kantor Kecamatan Cimanggis, mengenakan seragam olahraga. Tidak hanya para abdi negara, para lansia yang ada di sekitar wilayah tersebut juga turut serta.

Memang, senam bersama menjadi salah satu agenda rutin yang sudah diprogramkan kecamatan pimpinan Henry Mahawan disamping kegiatan atau program pemerintahan maupun kemasyarakatan lainnya.

“Mendukung Sahabat Lansia, kami mengadakan beberapa program, salah satunya senam bersama,” kata Henry Mahawan.

Suami dari Dewi Kusrini ini menambahkan, senam yang dilaksanakan hari Jumat pada minggu kedua itu juga dilaksanakan pemeriksaan gula darah dan tensi. Tidak hanya itu, dia pun memberikan suplemen tambahan berupa bubur kacang hijau gratis bagi mereka yang ikut senam.

“Ini dari dana pribadi, tujuannya untuk memotivasi para ASN dan lansia agar ikut dan meramaikan senam bersama,” tutur Camat.

Sekretaris Camat (Sekcam) Cimanggis, Suhadi menambahkan, kedepannya Cimanggis akan memiliki panti keliling untuk lansia. Nanti, akan ada pelatihan kader untuk mengurus lansia. “Kami akan membuka pelatihan kader untuk mengurus lansia,” kata Suhadi.

Setelah mahir, nanti pihak kecamatan bersama koordinator lansia se-Kecamatan Cimanggis akan mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi, ketika ada keluarga atau lansia yang membutuhkan jasa Sahabat Lansia. “Bisa datang ke rumah, seperti memandikan, kalau pria nanti kader pria yang datang, perempuan ya kader perempuan yang memandikan,” kata Suhadi.

Dari program ini, diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran. Sedangkan untuk lansia sendiri, tidak akan sendirian, mereka bisa datang dan bergabung dengan lansia lainnya, karena di Kecamatan Cimanggis juga akan membuat sekretariat lansia.

“Nanti akan diusulkan dan dianggarkan di perubahan anggaran 2017. Sudah di sounding ke pemerintah kota,” ujar Suhadi. (*)