Foto: Ferdian/Radar Depok PERBAIKI: Sekel Curug, Makmur saat memperbaiki Buku C, kemarin di kantor Kelurahan Curug.
yamaha-nmax

 

PERBAIKI: Sekel Curug, Makmur saat memperbaiki Buku C, kemarin di kantor Kelurahan Curug. Foto: Ferdian/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Menempati posisi baru di Kelurahan Curug sebagai Sekretaris Kelurahan (Sekel) Curug. Makmur punya tugas pertama guna merapihkan data administrasi di kelurahan tersebut. Kemarin, saat ditemui, dirinya sedang merapihkan Buku C atau buku data pertanahan di Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari.

“Tugas ini diberikan Lurah guna merapihkan data di Kelurahan Curug. Buku C yang pertama kali saya perbaiki, merupakan data administrasi pertanahan,” ujar dia kepada Radar Depok.

Menurut dia, keadaan Buku C telah mengalami rusak beberapa bagiannya. Karena itu, perlu perbaikan secara hati-hati. Khawatirnya malahan rusak dan ada data yang terhapus atau hilang.

“Beberapa halaman ada yang robek dan lepas. Yang saya lakukan menempelkan kembali seluruh data yang ada, tanpa merubah apapun, seperti di kelurahan sebelumnya,” jelas mantan Sekel Pondok Petir ini.

Dia mengatakan, untuk Kelurahan Curug ada dua Buku C. Tiap bukunya memerlukan waktu perbaikan hingga tiga hari. Karena memang perlu ketelitian dalam memperbaikinya. Karena, tidak boleh diganti buku baru.

“Kami rapihkan pelan-pelan. Kedua Buku C sudah rusak. Oleh karena itu, harus hati-hati diperbaikinya, saat ini sudah satu buku yang berhasil diperbaiki,” terang dia.

Lebih lanjut menurut dia, tugas yang akan dilakukan setelah merapihkan Buku C, yakni membuat peta Kelurahan Curug. Menurut dia, hal tersebut tentunya sangat penting untuk dibuat, lantaran sebagai penunjuk wilayah.

“Saat ini sudah ada, tetapi tidak detail. Nanti dibuat yang lebih rinci lagi. Jadi, warga juga memiliki informasi yang baik tentang wilayah Kelurahan Curug,” jelas dia.

Perlu diketahui Buku C merupakan salah satu data administrasi tentang pertanahan. Buku ini juga mampu melacak sejarah sebidang tanah di suatu wilayah. (bry)