KEPEMIMPINAN: Kepala SMK Mutiara, Adi Gusnadi, bersama siswa usai kegiatan LDKS.
yamaha-nmax
KEPEMIMPINAN: Kepala SMK Mutiara, Adi Gusnadi, bersama siswa usai kegiatan LDKS. Foto: Istimewa/Radar Depok

Tujuan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMK Mutiara

SMK Mutiara Depok melaksanakan kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) di Taman Herbal Insani Sawangan, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini diikuti kelas X berjumlah 60 siswa, yang merupakan para calon pengurus OSIS.

Laporan: PEBRI MULYA, Radar Depok

Kegiatan dikemas dengan sangat interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa merasa senang dan nyaman mengikuti setiap agenda.

LDKS tidak hanya menjadi kegiatan rutinitas tahunan sekolah yang berlokasi di Jalan Banjaran Pucung, Kelurahan Cilangka, Tapos, namun diharapkan bisa berimplikasi membentuk sikap dan karakter siswa.

“Melalui LDKS, siswa dilatih lebih disiplin dalam keseharian, memiliki rasa tanggung jawab, tenggang rasa antar sesama, serta menanamkan budaya mengormati dan menghargai guru dan orangtua.

Apa yang telah ditanamkan selama LDKS diharapkan tidak hanya menjadi slogan, namun diaplikasikan dalam kegiatan belajar di sekolah,” ujar Adi Gusnadi selaku Kepala SMK Mutiara.

Lebih lanjut diutarakannya, sikap dan karakter siswa akan sangat menunjang dalam proses pembelajaran. Terlebih, saat ini siswa tidak hanya diharapkan cerdas secara akademik, namun juga dalam kepribadian.

“Sekolah berharap LDKS ini akan mencetak siswa yang berkarakter pemimpin, siap menghadapi segala tantangan di masa depan yang semakin berat,” harapnya.

Pengurus Yayasan Al Munawar yang menaungi SMK Mutiara, Ahmad Fauqi, menambahkan Yayasan Al Munawar sangat peduli terhadap berbagai kegiatan positif seperti LDKS.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini kedepan siswa-siswi SMK Mutiara mampu bersaing dan mengisi kepemimpinan pemerintahan dan bangsa kedepan.

“Nantinya persaingan siswa akan lebih sulit. Karena itulah, mereka perlu terus diasah agar memiliki berbagai kemampuan, tidak hanya dari aspek pengetahuan, tapi juga hal lainnya.

Kesemua itu pasti akan sangat dibutuhkan mereka saat nanti memasuki dunia kerja dan di lingkungan kehidupan sehari-hari,” tuturnya. (*)