RICKY/RADAR DEPOK SOSIALISASI: Personil UPT Damkar Tapos mengajak siswa PAUD naik kendaraan operasional Damkar di wilayah Kecamatan Tapos.
yamaha-nmax
SOSIALISASI: Personil UPT Damkar Tapos mengajak siswa PAUD naik kendaraan operasional Damkar di wilayah Kecamatan Tapos. Foto: Ricky/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Tak kenal maka tak sayang. Demikian ungkapan yang dipakai UPT Damkar Tapos saat mengemban tugas. Karenanya, mereka melakukan pengenalan profesi kepada siswa PAUD di wilayah kerjanya.

Selain itu, UPT yang dikepalai Tono Hendratno Hasan juga mensosialisasikan keberadaan UPT Damkar Tapos kepada siswa dan seluruh instansi pemerintahan, perusahaan, perumahan serta lingkungan RT/RW. “Kami memperkenalkan sejak dini tentang profesi dan pentingnya tugas pemadam kebakaran,” kata Tono-sapaannya.

Sehingga. Lanjut Tono, dari sosialisasi dan kunjungan edukasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para siswa, guru, orang tua murid dan orang-orang disekitar sekolah tentang pentingnya mewaspadai musibah Kebakaran.

Dia menguraikan, kegiatan yang dilakukan saat kunjungan edukasi yakni, menonton film animasi pemadam kebakaran dari Dinas Damkar Kota Depok, pengenalan alat pelindung diri dan alat pemadam api ringan (Apar) serta perlengkapan personil Damkar lainnya saat menjinakan api.

“Anak-anak juga diajak untuk naik mobil Damkar dan pelatihan penyemprotan menggunakan alat dari mobil pemadam kebakaran,” tandasnya.

Kasubag TU UPT Damkar Tapos, Anton Yulianto menambahkan, mengikuti kunjungan edukasi ini, pihak sekolah mengajukan permohonan dan melakukan pembayaran retribusi sebesar Rp250 ribu, yang disetorkan langsung ke Dinas Damkar Kota Depok.

“Bukti retribusinya juga dilampirkan. Setelah selesai kegiatan, pihak sekolah juga ada penyerahan Sertifikat dan Leaflet dari UPT Damkar Tapos,” imbuhnya.

Kemudian, lanjut Anton, stiker dan leaflet diberikan gratis kepada setiap instansi pemerintahan, perusahaan, perumahan serta lingkungan RT/RW.

“Di stiker itu ada nomor telepon yang dituju, ketika ada bencana kebakaran. Nomor Kepala UPT juga dicantumkan di sana,” ucap Anton. (cky)