Utang Wardaya Camat Pancoranmas

 

Utang Wardaya. Camat Pancoranmas. Foto Dok: Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Minimnya lahan pertanian di Kecamatan Pancoranmas, Camat Pancoranmas, Utang Wardaya menginginkan pihak swasta yang memiliki lahan kosong, untuk memperbolehkan lahannya dipinjam pakai untuk pertanian ataupun perikanan.

Utang mengatakan, salah satu lahan milik pihak swasta ada di Kelurahan Rangkapanjaya. Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemilik lahan tersebut, agar mau meminjamkan dan digunakan untuk pertanian ataupun perikanan yang dikerjakan oleh masyarakat.

“Koefisien Dasar Bangunan (KDB)-nya hanya 30 persen dari 30 hektare tanah milik tanah swasta tersebut. Padahal selebihnya bisa dikelola untuk budidaya pertanian, cuma harus koordinasi dengan pemilik lahannya,” jelasnya, Selasa (17/01).

Dengan penduduk 247.885 jiwa dan luas wilayah mencapai 1.869.573 km2, tentu di Kecamatan Pancoranmas dibutuhkan lahan-lahan yang sekiranya bisa dimanfaatakn warga. Jadi, setidaknya bisa mempertahankan potensi alam di Kecamatan Pancoranmas.

Baca Juga  Curiga Ajarkan Ilmu Kebal

“Selama ini pemilik lahan tidak mengoptimalkan dan memanfaatkan lahan terbukanya. Padahal, lahan tersebut dapat bermanfaat, khususnya dalam rangka peningkatan taraf ekonomi masyarakat,” paparnya.

Selain di Rangkapan Jaya, lanjutnya, masih ada lahan Kementerian Kesehatan di Kelurahan Pancoranmas yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Lahan tersebut juga bisa dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Selanjutnya juga ada kebun belimbing seluas 3 hektare yang masih dipertahankan fungsinya sebagai budidaya hasil perkebunan, agrowisata serta resapan air juga ada di Kelurahan Pancoranmas.

“Untuk perikanan, ada di daerah Parung Bingung, Kelurahan Rangkapanaya. Karena letaknya yang dekat dengan sungai Pesanggrahan, membuat daerah ini membentuk landscape cekungan agak landai. Jadi memungkinkan dimanfaatkan untuk budidaya ikan lele, ikan hias dan lain-lain. Kami masih pertahankan potensi-potensi tersebut,” tandasnya. (ret)

Baca Juga  Katar Unit 11 Pancoranmas Belajar Kepemimpinan