Foto: Febrina/Radar Depok WISATA AIR : Salah satu Situ yang ada di Kota Depok, Situ Cilodong menjadi target objek wisata air.
yamaha-nmax
WISATA AIR : Salah satu Situ yang ada di Kota Depok, Situ Cilodong menjadi target objek wisata air. Foto: Febrina/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Keberadaan situ masih menjanjikan keuntungannya bagi peningkatan sektor pariwisata di Kota Depok. Sebagai wujud keseriusan Pemkot Depok dalam mengelola objek wisata air, tahun ini Pemkot Depok melalui Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (DOKP) Kota Depok akan mengembangkan empat situ meliputi, situ Sidamukti, situ Cilangkap, situ Pengasinan, dan situ Cilodong.

“Pengembangan situ tersebut bersifat renovasi dan upaya peningkatan pelayanan. Di beberapa situ juga akan dibangun pendopo untuk menampilkan kebudayaan lokal setempat,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan, Yelis Rosdiana kepada Radar Depok, kemarin.

Yelis menyebutkan, selain situ ada beberapa tempat wisata di Depok yang dimiliki oleh perorangan seperti Masjid Kubah Emas, D’Kandang, Waterpark dan sejumlah destinasi wisata lainnya. Namun, kata Yelis, Pemerintah Kota Depok juga menginginkan adanya desitinasi wisata yang mejadi ikon wisata Depok.

Karena itu, pihaknya akan bersinergi dengan dinas terkait untuk membangun infrastruktur terkait dengan jalan, bangunan pendukung dan fasilitas lainnya. Pengembangan arena bermain air yang ada d situ juga akan dilengkapi.

“Ada satu lagi wisata air yang ada di Depok yaitu ekowisata Ciliwung” tuturnya.

Dalam pengembangan ekowisata Ciliwung ini, pihaknya bekerjasama dengan LPM Ratujaya. Kegiatan rafting yang ada di Ciliwung tersebut dinilai sudah bagus, sehingga akan dijadikan tempat wisata unggulan.

“Pemkot mendorong para penggiat tempat-tempat wisata untuk berperan aktif dalam mengembangkan wisata Depok. Kegiatan ini dilakukan melalui pembinaan yang dimediasi oleh pihak Pemkot Depok,” jelasnya.

Kepala DOKP Kota Depok, Agus Suherman mengatakan, akan mengumpulkan para pelaku wisata dan membuat himpunan atau organisasi, sehingga akan memudahkan Pemkot Depok untuk berkoordinasi dalam penegembangan wisata Depok.

Terkait dengan kebudayaan, Pemkot Depok menginginkan pengembangan situs-situs yang ada di wilayah Depok menjadi wisata kebudayaan. Saat ini ada beberapa situs yang ingin dikembangkan seperti bangunan-bangunan tua yang sedang dilakukan pendataan.

“Tahun lalu kita sudah memberikan bantuan terhadap situs Sumur Tujuh Beringin Kurung, Telapak Kaki di Sawangan,” tutup Asep.(ina)