yamaha-nmax

JALIN KOMUNIKASI: Anggota Koramil Cimanggis mengajak warga dan pelajar nobar di Plaza Cibubur.RICKY/RADAR DEPOK.

 

Menumbuhkan rasa nasionalisme dan menerangkan tugas ke negara lain, institusi TNI mengajak warga dan pelajar nonton bareng (nobar) film ‘I Leave My Heart in Lebanon’. Tak terkecuali di Koramil 06/Cimanggis.

Laporan: RICKY JULIANSYAH

Tidak hanya memonitor kegiatan dan kondusifitas di lingkungan. Anggota Koramil Cimanggis, mengumpulkan warga dan pelajar di titik kumpul sebelum dijemput kendaraan menuju bioskop.

Kali ini, giat exstra ordinary Koramil Cimanggis mengajak warga dan pelajar untuk menonton film di bioskop.

Danramil Cimanggis, Mayor Inf Hari Sistiyono, mengungkapkan, berdasarkan instruksi pimpinan, giat nobar film I Leave My Heart in Lebanon dilaksanakan di seluruh Kodim yang ada di seluruh Indonesia. Adapun yang diajak nonton mulai dari pelajar sekolah dan masyarakat yang ada di wilayahnya.

“Saat ini sudah delapan kali kami mengajak masyarakat dan pelajar nobar film ini,” tutur Hari.

Dia menjelaskan, sebelumnya warga atau pelajar yang mau ikut diberitahukan dan didata Babinsa yang     bertugas di kelurahan sebelum hari H. Kemudian, giat nobar seluruhnya difasilitasi, mulai dari transportasi dan tiket masuk bioskop.

“Seluruhnya gratis,” tegasnya.

Film besutan sutradara Benni Setiawan menceritakan tentang Kontingen Pasukan Garuda XXIII Indonesia yang bertugas di Lebanon, sebagai Pasukan Perdamaian PBB. Dalam misinya di Lebanon, Kontingen Garuda XXIII tidak saja mencegah konflik dua negara yang sedang berselisih, melainkan memberikan bantuan sosial kepada warga setempat.

Film yang mengambil lokasi syuting di Indonesia dan Lebanon itu menyampaikan pesan bahwa bangsa Indonesia melalui Kontingen Garuda XXIII dapat mengukir prestasi dalam forum internasional, dan dicintai bukan saja bangsa sendiri, tapi juga bangsa lain.

Selain itu, film ini juga memperkenalkan budaya bangsa Indonesia yang berbudi luhur serta dapat diterima dan membawa nama baik dalam kancah internasional.

“Karena di mata dunia, pasukan Garuda selalu mendapat hati dan dihormati masyarakat global. Selain itu tujuan pembuatan film ini agar masyarakat tahu tentang tugas TNI dan menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap TNI dan meningkatkan nasionalisme khususnya bagi para pemuda Indonesia,” kata Danramil. (*)