RICKY/RADAR DEPOK SAPU BERSIH: Satgas K3 Kecamatan Cimanggis membersihkan dedaunan di halaman kantor kecamatan, kemarin.

 

SAPU BERSIH: Satgas K3 Kecamatan Cimanggis membersihkan dedaunan di halaman kantor kecamatan, kemarin. Foto: Ricky/Radar Depok

Giat Satgas K3 Kecamatan Cimanggis

Menjadi tugas rutin bagi Satuan Tugas Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (Satgas K3) Kecamatan Cimanggis untuk membersihkan wilayah. Bahkan, saban pagi dan sore hari personilnya operasi semut di kantor kecamatan dan jalan protokol.

Laporan: RICKY JULIANSYAH, Radar Depok

Kantor kecamatan menjadi ikon di wilayah. Sehingga keberadaannya harus bersih dan tertata rapi menjadi tugas dan tanggungjawab bersama seluruh ASN yang ada di Kecamatan. Tetapi, di ASN pun memiliki Tupoksi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan tidak concern dalam hal tersebut. Sehingga, hal ini diamanahkan kepada Satgas K3 Kecamatan Cimanggis untuk mewujudkan K3 di wilayah pimpinan Camat Henry Mahawan.

Bersenjatakan sapu lidi, pengki dan tempat sampah, kayuhan tangan dari personil Satgas K3 Kecamatan Cimanggis, menyisir setiap jengkal halaman yang sudah teraspal. Dedaunan yang jatuh dari pohon di sekitar areal itu disapu dan kemudian dimasukan kedalam tempat sampah yang bertuliskan sampah organik. Maklum saja, di Kecamatan Cimanggis memang sudah aktif melakukan pemilahan sampah.

Koordinator Satgas K3 Kecamatan Cimanggis, Slamet Saring menjelaskan, untuk membersihkan kantor kecamatan dilakukan tiap pagi mulai pukul 06:30 WIB hingga 08:30 WIB. Setelah itu, dari 12 personil yang ada, sembilan orang berangkat menuju jalan protokol di salah satu dari enam kelurahan yang ada di Kecamatan Cimanggis.

“Pukul 08:30 ke lapangan, tiga orang sisanya di kantor bantu-bantu kebersihan dan lainnya. Sesuai arahan pak camat, mau lihat lingkungan bersih dan tertata baik,” kata Slamet.

Jalur protokol yang disinggahi Satgas kemudian dibersihkan dan memangkas ilalang yang tumbuh mengganggu estetika keindahan wilayah. Jadwal ini bergantian tiap harinya, untuk jadwal minggu ini, Senen di Kelurahan Cisalak Pasar, Selasa Mekarsari, Rabu Tugu, Kamis Harjamukti, Jumat Kecamatan dan Senin di Kelurahan Curug.

Setelah selesai dari jalur protokol, pukul 14:30 WIB pun, mereka kembali membersihkan halaman kantor Kecamatan Cimanggis. “Sabtu dan Minggu jadwalnya libur, kecuali ada acara khusus dari kecamatan atau Kota Depok untuk membersihkan lokasi acara dan lingkungan sekitarnya,” kata Slamet. (*)