PROMOSI: Kasubag Humas Polresta Depok, AKP Firdaus bersama penyanyi Rio Febrian mempromosikan program anyar Mapolresta Depok bertajuk Halo Polisi. Foto : Junior/Radar Depok
yamaha-nmax
PROMOSI: Kasubag Humas Polresta Depok, AKP Firdaus bersama penyanyi Rio Febrian mempromosikan program anyar Mapolresta Depok bertajuk Halo Polisi. Foto : Junior/Radar Depok

DEPOK – Menindaklanjuti tingginya angka kejahatan di Kota Depok. Di 2017 ini, Polresta Depok memiliki resolusi jitu untuk mengatasinya. Dibawah komando Kombes Herry Heryawan, Polresta Depok meluncurkan aplikasi bernama Halo Polisi. Sistem ini nantinya akan memudahkan masyarakat melaporkan tindak kejahatan.

Herry menuturkan jika aplikasi ini bisa dipakai oleh siapa saja. Bahkan untuk masyarakat luas. Saat ini, Halo Polisi sudah bisa diunduh pemilik ponsel berbasis Android. Caranya cukup mudah, dengan menginstalnya lewat Google Playstore.

“Tidak hanya tentang kasus kriminal. Masyarakat juga dapat membuat pengaduan tentang kamacetan. Halo Polisi juga membuat komunikasi polisi dengan masyarakat menjadi lebih dekat,” ungkapnya didampingi Kasubag Humas Polresta Depok, AKP Firdaus.

Firdaus menambahkan, Halo Polisi merupakan realisasi dari program Kapolri, Jendral Tito Karnavian bertajuk Promoter: Profesional, Modern, dan Terpercaya.

Lewat Halo Polisi ini, sambungnya, anggota yang bertugas juga akan lebih cepat sampai ke TKP, sesaat menerima laporan.

“Jika ada kejadian masyarakat dengan menekan tombol panik di ponsel, akan tiba di lokasi sekitar 30 menit. Anggota khusus dibantu tim isidentil beranggotakan 100 hingga 120 personel dengan kemampuan khusus telah disiagakan,” beber dia.

Daus-sapaannya-bertutur, di dalam aplikasi Halo Polisi juga terdapat fitur-fitur canggih. Misalnya, kemampuan untuk mendeteksi kantor polisi terdekat dari si pelapor. Pasalnya, Halo Polisi terkoneksi pula dengan GPS.

“Di dalamnya juga ada forum diskusi. Bisa dipakai masyarakat untuk membahas kejadian yang sedang hangat. Rencananya Halo Polisi juga akan meluncurkan versi iOS. Jadi pemilik iPhone juga dapat memakai aplikasi ini juga,” pungkasnya. (jun)