Foto: Istimewa/Radar Depok INTERNASIONAL: Kejuaraan dunia motocross MXGP yang akan diselenggarakan di Pangkalpinang, Bangka Belitung tanggal 4-5 Maret 2017. IST INTERNASIONAL: Kejuaraan dunia motocross MXGP yang akan diselenggarakan di Pangkalpinang, Bangka Belitung tanggal 4-5 Maret 2017.

 

INTERNASIONAL: Kejuaraan dunia motocross MXGP yang akan diselenggarakan di Pangkalpinang, Bangka Belitung tanggal 4-5 Maret 2017. Foto: Istimewa/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyebut gelaran kejuaraan dunia motocross MXGP yang akan diselenggarakan di Pangkalpinang, Bangka Belitung tanggal 4-5 Maret 2017 mendatang merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia.

“Kejuaraan motocross MXGP ini diakui oleh Federasi Motor Internasional (FIM) sebagai agenda resmi, ini peluang sekaligus tantangan bagi kita semua untuk menyukseskan acara bertaraf internasional ini,” kata Imam.

Jika berhasil menyukseskan acara ini, kata Imam, akan menjadi jalan untuk mendorong pariwisata Indonesia secara umum dan khususnya pariwisata Bangka Belitung.

“Ini adalah ajang yang setelah 25 tahun baru dilaksanakan kembali di Indonesia, kita harus dukung kegiatan yang bisa menjadi pendorong promosi luar biasa bagi pariwisata di Indonesia ini, dan jika berhasil akan menimbulkan kepercayaan internasional untuk menggelar ajang bertaraf internasional lainnya yang artinya peluang bagi sektor pariwisata juga,” ujar dia.

Baca Juga  270 Atlet Sudah Dilaporkan

Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) berkolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan Pemerintah Kota Pangkalpinang telah menyelesaikan license payment pada pihak Youthstream selaku promotor kegiatan dan pemegang lisensi.

“Sejauh ini koordinasi dan persiapan menyangkut pelaksanaan kejuaraan dunia ini berjalan dengan baik, termasuk koordinasi dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Pangkalpinang terkait kesiapan akomodasi di sana,” jelas Imam.

Kesiapan itu juga diungkapkan oleh pihak IMI yang telah menunjuk pihak Youthstream untuk bekerjasama, dan mereka bertekad menyukseskan seri MXGP yang merupakan satu-satunya di Asia ini.

“Kami dari IMI sudah bekerjasama dengan pihak promotor dan bertekad menyukseskan ajang ini seperti ditekankan oleh regulator (FIM) dan juga berharap banyak penggemar motocross datang ke Bangka Belitung lewat gelaran ini,” kata Ketua PP IMI Sadikin Aksa di lokasi yang sama.

Baca Juga  Maria Devanya, Atlet Badminton Asal Kota Depok : Ganda Putri Andalan Jaya Raya, Raih Podium di Singapura (1)

Diketahui, Indonesia menjadi bagian dari 20 seri MXGP dan akan menjadi seri pertama dari tujuh seri perlombaan bagi kelas yang dibuat untuk crosser wanita (Womens Motocross Championship/WMX) selama rangkaian MXGP 2017 ini. (tmp)