RAMA/RADAR DEPOK PERSIAPAN TERAKHIR: Pemilik dan pembina Risna Tour dan Travel dengan Al A'raf Umrah dan Haji di sela manasik umrah, kemarin.
yamaha-nmax

 

PERSIAPAN TERAKHIR: Pemilik dan pembina Risna Tour dan Travel dengan Al A’raf Umrah dan Haji di sela manasik umrah, kemarin. Foto: Rama/Radar Depok

BEJI – Jamaah umrah Risna Tour dan Travel dengan Al A’raf Umrah dan Haji yang akan berangkat pada 16 hingga 24 Januari 2017 melakukan persiapan terakhir, yakni manasik. Manasik yang dilakukan di Hotel Bumi Wiyata, Kecamatan Beji, diikuti seluruh jamaah.

Pemilik Risna Tour dan Travel, H. Sarmili, meminta kepada para jamaah mempersiapkan mental dan fisik. “Yang utama adalah fisik. Karena nanti di Makkah, kita akan beribadah dengan jutaan orang dari berbagai negara. Kesiapan mental juga diperlukan,” kata Sarmili.

Risna Tour dan Travel memberangkatkan 60 jamaah. Penerbangan akan menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines, dari Bandara Soekarno-Hatta yang langsung menuju Madinah.

“Hari ini (kemarin, red) manasik terakhir. Yang pertama sudah kita laksanakan pada 10 Desember kemarin. Sekaligus pemberian vaksin meningitis,” katanya.

Pembimbing ibadah dari Risna Tour dan Travel, KH. M. Djaelani, menjelaskan, umrah hampir sama dengan ibadah haji. Hanya saja, katanya, ibadah umrah hanya dilakukan di Makkah.

“Kalau haji kan dilaksanakan sampai ke luar Makkah. Ibadah umrah meliputi tawaf di Kakbah dan sa’i antara Shofa dan Marwah,” kata KH. Djaelani. (ram)