yamaha-nmax

DILATIH: Ketua PKK Kecamatan Bojongsari, Nurjanah memberikan pelatihan kepada kader posyandu di aula Kantor Kecamatan Bojongsari, Selasa (3/1).FERDIAN/RADAR DEPOK

BOJONGSARI – Guna memperkokoh ketahanan keluarga, 93 Posyandu di Kecamatan Bojongsari mendapat pelatihan tentang Pemberdayaan Remaja. Kegiatan yang diadakan di aula Kecamatan Bojongsari Selasa (3/1) itu, memfokuskan pelatihan pada Dasawisma, Penundaan Usia Perkawinan (PUP) dan Penundaan Anak Pertama (PAP).

Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Bojongsari, Nurjanah mengatakan, kegiatan pelatihan dibagi tiga sesi. Dimana tiap Kelurahan mengrimkan semua perwakilan kader Posyandu.

“Ada 93 Poyandu. Dan kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi, ujar Nurjanah kepada Radar Depok.

Masing-masing Posyandu, sambung dia, mengirimkan empat perwakilannya. Kegiatan pelatihan juga sebagai persiapan Lomba Posyandu tingkat kecamatan yang akan dilaksanakan pada Februari 2017.

“Pelatihan ini juga terkait dengan persiapan Lomba Posyandu yang akan dilaksanakan awal tahun ini. Kemungkinan kami akan melaksanakan kegiatan tersebut pada Februari mendatang,” ujar dia.

Lebih lanjut  menurut dia, dalam kegiatan pelatihan ini materi paling spesifik yang ditekankan kepada kader posyandu ialah melengkapi data administrasi. Karena nantinya, tiap Posyandu di Kecamatan Bojongsari akan memberikan data adiministrasinya ke PKK Posyandu kecamatan.

“Ini terkait sistem informasi posyandu. Semua data akan terintegrasi, penyempurnaan data akan menjadi hal yang utama dalam pelatihan ini. Saat ini Dasawisma, Penundaan Usia Perkawinan (PUP) dan Penundaan Anak Pertama (PAP) jadi materi yang diberikan dalam kegiatan pelatihan,” terang dia.

Dia mengutarakan, posyandu di tiap wilayah, merupakan garda utama untuk memberikan pemahaman ketahanan keluarga kepada masyarakat. Karena itu, kemampuan mengenai pemecahan masalah yang terkait persoalan keluarga, harus di tingkatkan atau diupgrade tiap tahunnya.

“Peningkatan kemampuan kader menjadi salah satu fokus kami, dan pelatihan ini salah satu wadahnya. Diharapkan, Posyandu Kecamatan Bojongsari akan lebih baik dan mampu berprestasi,” tukas dia. (bry)