Utang Wardaya Camat Panmas
yamaha-nmax
Utang Wardaya, Camat Panmas

RADAR DEPOK.COM – Upaya pengefisienan pelayanan, rencananya Kecamatan Pancoranmas akan menerapkan E-Kelurahan, untuk pelayanan publik yang berintegritas dan satu data.

Camat Panmas, Utang Wardaya mengatakan, E-Kelurahan berfungsi sebagai administrasi yang berlangsung dengan otomatis. Seperti, pembuatan surat keterangan, pendataan penduduk, potensi daerah, layanan administrasi dan arsip.

Bukan Hanya itu, surat ataupun perizinan yang diurus, bisa dicek apakah sudah selesai diproses atau belum, tanpa harus pergi ke kelurahan untuk memastikannya.

“E-kelurahan untuk pelayanan yang lebih efesien. Tidak banyak penggunaan kertas dan fotocopy, serta data terakomodir lengkap. Jadi, tidak usah nyari di gudang arsip, karena kecamatan dan kelurahan itu kan tugasnya memberikan pelayanan data untuk kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, E-kelurahan dapat mencegah dan menutup celah bagi siapa saja yang berupaya melakukan pungutan liar (pungli). Sekarang, sedang dibahas untuk MoU dengan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok.

Soalnya, harus ada persetujuan dari Kementrian Dalam Negeri karena menggunakan data kependudukan. “Setelah MoU, baru program ini bisa kita jalankan,” paparnya.

Utang menambahkan, aplikasi E- Kelurahan diharapkan menjadi bagian dan solusi untuk meningkatkan kualitas sekaligus mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Terutama, segala hal yang berkaitan dengan bentuk administrasi yang dibutuhkan.

“Dengan adanya E- Kelurahan, maka masyarakat akan mendapatkan kepastian terhadap tahapan proses pelayanan publik di kelurahan. E-kelurahan, juga bisa dijadikan tolak ukur kinerja dari aparatur di Kelurahan dalam melayani masyarakat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, program aplikasi ini dapat terjalin berkat kerjasama Disdukcapil Kota Depok dengan Telkom. Nantinya, setelah MoU dilakukan, akan ada pendampingan dan pelatihan dari pihak Telkom kepada operator pelaksana.

“Diharapkan dengan adanya program aplikasi E-kelurahan dapat memudahkan masyarakat dalam pelayanan,” terangnya. (ret)