KUMPUL: Para pengurus Pemuda Kuldesak sedang berkumpul mendiskusikan kegiatan selanjutnya. Foto : Retno/Radar Depok
yamaha-nmax

 

KUMPUL: Para pengurus Pemuda Kuldesak sedang berkumpul mendiskusikan kegiatan selanjutnya. Foto : Retno/Radar Depok

Dalam rangka pengembangan organisasi Kumpulan Dengan Segala Aksi Kemanusiaan (Kuldesak), maka sudah berdiri organisasi kepemudaannya yang bernama Pemuda Kuldesak yang berada di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji.

Laporan: RETNO YULIANTI

Ketua Pemuda Kuldesak, Roy Bafih mengatakan, Pemuda Kuldesak merupakan bagian dari perkumpulan Kuldesak yang bergerak dibidang kemanusiaan dan sosial secara umum. Dan khususnya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS dan Napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif).

Lebih lanjut, ungkapnya, Pemuda Kuldesak adalah organisasi yang bersifat nasional, serta merupakan salah satu pilar partisipasi masyarakat dibidang kesejahteraan sosial.

“Pemuda Kuldesak bertujuan untuk mewadahi setiap remaja dan pemuda yang peduli dalam penanganan permasalahan sosial, serta meningkatkan penggalangan kerja sama antar sesama generasi muda. Guna mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan sosial bagi generasi muda,” paparnya.

Selain itu, ungkapnya, keberdaan pemuda Kuldesak dapat memberi arah, bimbingan, pendampingan dan advokasi kepada generasi muda penyandang masalah sosial.

Dan juga menumbuhkan potensi keberagaman bakat, keterampilan, kewirausahaan dan pengetahuan, hingga penyelesaian masalah yang signifikan. Semua itu, untuk mendukung upaya pemberdayaan masyarakat, dalam kerangka inplementasi otonomi daerah dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Di tahun 2017 Pemuda Kuldesak bekerja sama dengan Kemenpora ke 5 Provinsi di 30 Kabupaten/Kota di Indonesia untuk prevention napza ke sekolah,” terangnya.

Dia menambahkan, sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi, kritik dan saran secara terbuka, Pemuda Kuldesak juga bersifat membangun serta mendukung komunikasi, informasi, edukasi kepada korban napza, keluarga, masyarakat dan pemerintah.

“Semoga adanya Pemuda Kuldesak dapat meminimalisir tingkat penyalahgunaan narkoba yang berdampak negatif. Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah remaja. Kalau dirata-ratakan, usia sasaran narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu berkisar umur 11 – 24 tahun,” ungkapnya. (*)