Ramdani Lurah Kemiri Muka
Ramdani. Lurah Kemiri Muka

RADAR DEPOK.COM – Sebagai bentuk dukungan Depok sebagai Kota Layak Anak, Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji, akan terus menambah jumlah RW ramah anak di wilayahnya. Selain menambah jumlah, pihak kelurahan juga melakukan pemberdayaan RW Ramah Anak, dengan sejumlah program yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara positif.

Lurah Kemiri Muka, Ramdani mengatakan, sejak tahun 2014 pihaknya sudah melakukan sosialisasi untuk penerapan RW Ramah Anak. Di tahun tersebut, terbentuk RW ramah anak di RW 01. Selanjutnya pada tahun 2016, di RW 14 juga menjadi RW Ramah Anak.

“Saat ini baru ada dua RW yang sudah ramah anak. Selanjutnya, akan terus dilakukan pembentukan RW ramah anak di tempat lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga  Pemudik Kemirimuka Wajib Lakukan Swab Test

Lebih lanjut, dia menuturkan, di Kelurahan Kemiri Muka ada 20 RW. Untuk tahun ini, ditargetkan sebanyak dua hingga tiga RW dapat dibentuk sebagai RW Ramah Anak. Tidak hanya itu, tiap tahunnya akan dilakukan penambahan RW Ramah Anak. Tentunya dengan pendampingan dan sosialisasi yang dilakukan terlebih dahulu, oleh pihak kelurahan.

Adapun untuk RW Ramah Anak yang sudah terbentuk, memiliki beberapa fasilitas pendukung bagi anak. Seperti penyediaan tempat bermain yang nyaman dan aman. Meskipun lahannya terbatas, pihaknya tetap berusaha menyediakan lahan tersebut, agar hak anak dapat terpenuhi.

Selanjutnya, pada RW tersebut anak diberikan kebebasan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Tentunya dalam kegiatan-kegiatan positif, yang dapat mengembangkan kemampuannya.

Baca Juga  Pengembangan SPBE Nasional dan Persiapan Sapawarga 2.0 di Jabar

Dikatakannya, di RW Ramah Anak, para orang tua juga diingatkan untuk peduli dan memberikan perhatian lebih terhadap anak. Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi kekerasan terhadap anak.

“Di sini, seluruh masyarakat terlibat dalam menyukseskan RW Ramah Anak. Sehingga, diharapkan dapat mengawasi seluruh kegiatan anak,” tambahnya.

Ramdani menegaskan, dengan bertambahnya jumlah RW Ramah Anak, diharapkan ke depan seluruh hak anak di Kota Depok dapat terpenuhi dengan baik. “Masih banyak PR kami untuk mendukung program Pemkot Depok,” tutupnya. (ret)