Foto: Retno/Radar Depok PELAYAN MASYARAKAT: Lurah Beji ke delapan, Waryono siap menjadi pelayanan masyarakat di wilayahnya.
yamaha-nmax
PELAYAN MASYARAKAT: Lurah Beji ke delapan, Waryono siap menjadi pelayanan masyarakat di wilayahnya. Foto: Retno/Radar Depok

Mengupas Sejarah Nama-nama Kelurahan Di Depok (100)

Petilasan Mbah Raden Wujud Beji, merupakan bukti sejarah kehadiran tentara Islam yang banyak ditemukan di Depok. Makam Keramat Beji atau Petilasan ini terletak di Jalan Kemiri Jaya. Secara geografis terletak pada koordinat 106° 48’614″ BT dan 06°23’089″ LS dengan ketinggian 324 m di atas permukaan laut.

Laporan: RETNO YULIANTI

Lurah Beji, Waryono menceritakan, petilasan tersebut dinaungi kerimbunan pohon beringin. Didalamnya juga ada tersimpan beberapa jenis peninggalan Mbah Raden Wujud Beji. Kemudian, pada dinding di dalam bangunan makam tersebut tergantung beberapa untaian kata berisikan nasihat yang pernah diucapkan oleh Mbah Raden Wujud Beji.
Kalau isi nasehat tidak tahu, tetapi yang jelas nasehat yang pernah diucapkan oleh Mbah Raden Wujud Beji, tentunya bagus nasehatnya.

“Maka, makam Keramat Beji menjadi salah satu bukti sejarah penyebar Islam waktu itu di bernama Kawedanan Depok,”jelasnya.

Lebih lanjut, ungkapnya, kala itu Kawedanan Depok dipimpin oleh tokoh masyarakat Beji, yang kini sudah almarhum bernama Sindang. Dulu masih kepala desa, belum kelurahan.

Dan saat itu Kepala Desa pertama bernama Asmawi, lalu dilanjutkan oleh M Bagol, Syarif Seenan dan turun ke Naming Botin pada 1977 hingga 1999.

“Barulah setelah itu Depok menjadi Kota Administratif (Kotif) dan Kelurahan Beji dipimpin Nina Suzana, Itjan Idris, Yusup Sutisna, Dedi Kusmayada, Ramdani, Lukman Hakim, Samiya, dan baru saya Waryono menjadi Lurah Beji ke delapan,” tandasnya.

Sebagai kelurahan dengan jumlah penduduk paling banyak di Kecamatan Beji sekitar 49.692 penduduk. Memiliki luas wilayah kurang lebih 216.710 Ha, dengan batas wilayah, sebelah utara, yaitu Kelurahan Kukusan, sebelah timur yaitu Kelurahan Beji Timur, sebelah selatan yaitu Kelurahan Depok Jaya Kecamatan Pancoranmas dan sebelah barat yaitu Kelurahan Tanah Baru.(*)