Febrina/Radar Depok TRANSPARASI : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok membahas soal pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID).
yamaha-nmax
TRANSPARASI : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok membahas soal pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID). Foto:Febrina/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM -Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Aparatur Sipil Negara (ASN), akan diganjar reward. Hal ini dilakukan guna bisa berkalan maksimal, dan diharapkan mampu memberi warna dalam menyampaikan transparansi informasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Semoga peran PPID lebih optimal, karena lewat Undang-undang No 14 tahun 2008, PPID jadi ujung tombak keterbukaan informasi pada badan publik di pemerintahan,” ujar Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Widyati Riyandani, kepada Radar Depok.

Widyati menambahkan untuk meningkatkan kinerja PPID, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok akan memberikan penghargaan (reward). Namun, penghargaan untuk PPID Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun PPID kecamatan itu hanya diberikan kepada mereka yang berkinerja baik.

“Rencananya akan kita beri reward, ketentuannya akan kita bahas nanti. Yang jelas, reward ini untuk memacu kinerja PPID dinas dan kecamatan,” jelasnya.

Sekretaris Diskominfo Kota Depok, Adhy Parayudha menambahkan, reward yang akan diberikan dapat berbentuk barang yang mampu meningkatkan kembali kinerja serta peran PPID selama ini. Banyak yang bisa diberikan (barang) misalnya, recorder, kamera, modem atau sesuatu yang masih ada hubungannya dengan pekerjaan PPID. “Hal ini dilakukan juga untuk meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan kapasitas yang dimiliki pejabat maupun operator PPID,” tambahnya.

Dikatakannya, peran dan fungsi PPID sangat vital. Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh PPID agar proaktif memberikan informasi melalui media yang sudah disediakan. Sebagai bentuk keseriusannya dalam memberikan keterbukaan informasi, dirinya berjanji akan memberikan penghargaan bagi PPID yang aktif dalam menjalankan fungsinya. “Kalau yang aktif tentu akan diberikan reward,” tutup Adhy.(ina)