Foto: Kondisi terkini TPA Cipayung
Foto: Kondisi terkini TPA Cipayung

RADAR DEPOK.COM – Ketua Komisi C DPRD Kota Depok, Mazhab HM menyatakan bahwa Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung masih bisa diselamatkan dari overload. Sebab tahun ini, Pemkot Depok akan membuat kolam sampah baru dengan nilai Rp70 milyar.

“Ini mengantisipasi tumpukan sampah TPA saat ini. Berfungsi untuk menunda tumpukan sampah. Kekuatanya sampai September 2017,” kata Mazhab HM kepada Radar Depok di Ruang Komisi C DPRD Kota Depok, kemarin.

Ia menambahkan, bila nanti kolam baru itu sudah tak lagi mampu memuat sampah. Maka tak ada jalan lain. TPA Cipayung mesti ditutup. Kecuali, lanjut dia, pemerintah mampu memberikan solusi pengelolaan sampah.

Misalnya, dengan memanfaatkan lebih intensif Unit Pengeloan Sampah (UPS) yang tersebar di seluruh Kota Depok. “UPS bila benar diperdayakan bisa jadi solusi mengurangi sampah di TPA. Apalagi UPS bisa menghasilkan pupuk, sehingga menambah pendapatan perekonomian,” katanya.

Baca Juga  Beres Reses, Lalu?

Belum lama ini, ujar politisi PPP ini, dirinya melakukan sidak ke TPA Cipayung. Kondisinya begitu memprihatinkan. Ketinggian sampah sudah mencapai 20 meter.

“Itu menandakan tidak normal,” ucap Mazhab.

Ia menambahkan, persoalan sampah di TPA Cipayung bila tidak diantisipasi dengan baik, bisa menimbulkan kerawanan. “Oleh karena itu, antisipasinya dengan menganggarkan terlebih dahulu (pembuatan kolam sampah baru),” pungkasnya. (irw)