ADE/RADAR DEPOK MEMASTIKAN: Lurah Herman (kanan) mengecek salah satu RTLH di Jalan Taman Induk, RT02/01 Kelurahan/Kecamatan Cipayung, yang direhab.
MEMASTIKAN: Lurah Herman (kanan) mengecek salah satu RTLH di Jalan Taman Induk, RT02/01 Kelurahan/Kecamatan Cipayung, yang direhab. Foto: Ade/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Lurah Cipayung, Herman, tak ingin dana Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) salah sasaran atau tidak sesuai peruntukan.

Untuk memastikannya, Herman rutin memantau jalannya perbaikan 11 RTLH yang menerima bantuan.

“Dana ini merupakan salah satu bantuan pemerintah untuk meringankan warga yang kurang mampu. Jika tidak diawasi penggunaannya, dikhawatirkan tidak tepat sasaran,” kata Herman, kepada Radar Depok.

Sejak awal ia telah mengimbau kepada penerima bantuan supaya menggunakan dana sesuai kegunaan. “Saya bersama LPM selaku pengawas, memonitor perbaikan. Untuk memastikan,” lanjutnya.

Menurut pantauannya, ada beberapa rumah yang dibangun ulang dari awal menggunakan dana swadaya masyarakat. Seperti RTLH di RT02/01.

“Kalau dari pemerintah kan turunnya Rp18 juta, karena kurang mencukupi tak jarang banyak yang berswadaya untuk turut membantu,” ujarnya.

Swadaya yang digalang bisa berupa bantuan dana atau pun tenaga. Setelah dua minggu perbaikan berjalan, hampir semua RTLH selesai.

“Tinggal bagian-bagian yang ringan saja, kayak ngecat atau melester yang belum. Jika dipresentasikan tinggal 80 persen,” tutup Herman. (ade)