RICKY/RADAR DEPOK SERAH TERIMA: Ketua RT sebelumnya Irvan (kanan), menyerahkan kunci lingkungan RT11/01 secara simbolis kepada ketua RT terpilih, Fadly Muin, usai memenangkan pemilihan, beberapa waktu lalu.

 

SERAH TERIMA: Ketua RT sebelumnya Irvan (kanan), menyerahkan kunci lingkungan RT11/01 secara simbolis kepada ketua RT terpilih, Fadly Muin, usai memenangkan pemilihan, beberapa waktu lalu. Foto: Ricky/Radar Depok

Meriahnya Pemilihan Ketua RT11/01 Kelurahan PGS

Pemilihan Ketua RT11/01 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, bisa bilang pendidikan demokrasi tingkat RT. Sebab, diatur layaknya pemilihan umum yang pemilihnya warga berusia 17 tahun.

Laporan: RICKY JULIANSYAH, Radar Depok

Pemiliihan Ketua RT biasanya dilaksanakan secara normatif, seperti menumpulkan warga untuk pencalonan lalu pemilihan. Terkadang sulit mencari bakal calon Ketua RT, bahkan kebanyakan warga menolak jika dicalonkan dan pada akhirnya ketua RT lama pun dikukuhkan kembali.

Berbeda RT11/01 Kelurahan PGS yang baru saja melaksanakan pemilihan RT untuk masa bakti 2017 / 2020. Seluruh warga komitmen, masa jabatan tiap RT hanya satu periode, kemudian ada satu program jangka panjang yang harus dilanjutkan oleh RT berikutnya.

Baca Juga  Persiapan Verifikasi Capai 100 Persen

Uniknya, sistem pemilihannya dilaksanakan lebih meriah dibandingkan Pemilukada maupun pemilu yang lainya. Karena, mekanismenya dimulai dari pembentukan panitia, lalu penggalangan calon dibuat sistem per blok satu wilayah, karena di sana dibagi menjadi lima blok, sehingga ada lima balon ketua RT.

“Dari tiap calon kemudian foto-fotonya dipampang selama satu minggu di tiap sudut oleh panitia, layaknya kampanye calon anggota legislatif, kemudian untuk hak pilih adalah warga yang sudah usia 17 tahun wajib menentukan pilihan calon Ketua RT baru sehingga betul-betul merasa bertanggung jawab dengan pilihannya,” tutur Ketua Panitia, Asep.

Jelang pelaksanaan, semua calon menyampaikan visi misinya, kemudian panitia juga secara visual menyampaikan latar belakang para calon, dari mulai pendidikan, berapa lama tinggal serta jasa atau prestasi apa saja yang pernah diraih selama tinggal di RT11/01. setelah semua tuntas baru dilaksanakan pemilihan RT.

Baca Juga  Jokowi Datang, 45 Anggota Polsek Cimanggis Depok Gunakan Pengamanan VVIP

“Semua warga hadir baik remaja maupun para undangan pengamat,” kata Asep.

Acara ini sengaja dibuat sedemikian rupa dengan tujuan, sebagai pendidikan demokrasi di tingkat dasar, terutama untuk generasi berikut, agar tertanam jiwa-jiwa yang demokratis. kedua adalah untuk ajang hiburan dan silaturahmi warga, agar warga bertambah intim dan benar-benar saling mengenal satu sama lain bagi yang biasanya sibuk. Ketiga, untuk mendorong agar setiap Ketua RT benar-benar lebih legitimid karena semua warga yang 17 tahun di beri hak suara.

Pemilihan yang dihadiri Lurah PGS Tedi Mulyono, Ketua LPM PGS Anggoro, Ketua RW 01. babinsa dan Babinkamtibmas ini, memunculkan nama Fadly Muin sebagai ketua RT terpilih. “Fadly unggul dengan 63 suara, sementara yang terdekat Achmad Irvan dengan 41 suara,” ucap Asep.

Baca Juga  Lapor Tiga Pilar

Hal ini mendapat perhatian khusus dari Ketua LPM PGS, Anggoro, menurutnya, pemilihan ini sangat spektakuler dan menarik untuk diikuti. “Semoga ketua terpilih dapat mengemban tugas dengan amanah,” kata Anggoro. (*)