PEBRI/RADAR DEPOK KEAGAMAAN: Kepala MI/MIT Hidayatul Athfal, Syamsuddin (depan kiri) bersama dengan tamu undangan dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diikuti siswa dan orangtua.
yamaha-nmax

 

KEAGAMAAN: Kepala MI/MIT Hidayatul Athfal, Syamsuddin (depan kiri) bersama dengan tamu undangan dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diikuti siswa dan orangtua. Foto: Pebri/Radar Depok

PANCORANMAS – MI/MIT Hidayatul Athfal mengadakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lapangan madrasahnya. Dalam kegiatan tersebut, sekitar 1.400 orang yang ikut serta. Karena tidak hanya sekedar siswa saja yang ikut hadir, tetapi orang tua juga tutur diundang dan hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala MI/MIT Hidayatul Athfal, Syamsuddin mengatakan, dalam kegiatan tahunan tersebut, ada penampilan dai cilik, yakni Muhammad Zidan. Sedangkan untuk pemberi tausiah utama, yakni Bahroin Suryantara. Tidak hanya itu saja, sebelumnya juga ada penampilan hadroh siswa.

“Total siswa kami ada 700, dan dalam kegiatan tersebut orang tua juga turut kami undang. Jadi, semakin ramai yang datang,” ucapnya kepada Radar Depok.

Syamsudin menjelaskan, pihaknya mengadakan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk memberikan pembelajaran mendalam tentang agama kepada siswa. Dengan kegiatan ini, siswa jadi tahu tentang sejarah agama Islam, dan terutama tentang profil dari Nabi Muhammad SAW dalam kesehariannya.

“Sesuai dengan konsep madrasah, jadi kami menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan umum dan agama,” terangnya.

MI/MIT Hidayatul Athfal tidak hanya harui besar keagamaan Maulid Nabi Muhammad SAW saja yang diadakan peringatannya. Tetapi, ada juga beberapa kegiatan lainnya seperti Tahun Baru Islam yang disertai dengan santunan untuk anak yatim. Ada juga program untuk hafalan Al quran Juz 30 untuk siswa.

Dimana, siswa yang hafal juz 30, akan mendapatkan sertifikat sebagai modal mereka untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

“Kami juga melatih muhadhoroh untuk siswa. Jadi, siswa diajarkan untuk berani tampil dihadapan banyak orang,” tuturnya. (peb)