RICKY/RADAR DEPOK BERSATUNYA UMAT: Jamaah mengikuti Maulid Nabi Muhammad SAW di Jalan Gatot Kaca, RT08/03 Kelurahan Harjamukti, Cimanggis, Jumat (13/1) malam.

 

BERSATUNYA UMAT: Jamaah mengikuti Maulid Nabi Muhammad SAW di Jalan Gatot Kaca, RT08/03 Kelurahan Harjamukti, Cimanggis, Jumat (13/1) malam. Foto: Ricky/Radar Depok

Maulid Nabi di RT08/03 Kelurahan Harjamukti

Peringatan Maulid Nabi Muhammad di RT08/03 Kelurahan Harjamukti, Cimanggis, diharapkan menjadi momentum untuk menyatukan umat dan sebagai salah satu persiapan untuk Launcing Majelis Pemuda Harjamukti (MPH) yang akan dilaksanakan 13 Februari.

Laporan: RICKY JULIANSYAH, Radar Depok

Sayup-sayup dari kejauhan berkumandang orang-orang melafadzkan asma Allah SWT dan salawat atas Nabi Besar umat Islam, Muhammad SAW.

Semakin malam, banyak jamaah yang hadir di di Jalan Gatot Kaca RT08/03 Kelurahan Harjamukti, Cimanggis, untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Penyelenggaraan tersebut dihadiri habib, ulama, pejabat pemerintahan Kelurahan Harjamukti, LPM Kelurahan Harjamukti, para DKM dan majelis taklim yang ada di Harjamukti, hingga masyarakat.

Baca Juga  Gelar Turnamen Bulutangkis Pelajar Tingkat Kota Depok

Ustaz Slamet Ma’arif selaku tuan rumah menjelaskan, penyelenggaraan maulid yang diadakan rutin tiap tahun ini gabungan dari beberapa majelis taklim yang ada di Kelurahan Harjamukti.

“Saya membina beberapa majelis taklim di Harjamukti. Seperti majelis Formal, baitut saadah, baiturahman dan Assalam,” tutur Slamet.

Tema maulid kali ini adalah “Bersatu dalam Akidah, Bersama dalam Jamaah, Lapang Dada dalam Khilafiyah”. Artinya, munculnya perayaan maulid untuk menyatukan umat. Melalui momen maulid mari sama-sama salat berjamaah dan hidupkan masjid.

“Khilafiyah sendiri artinya yang minoritas harus tahu diri dan yang mayoritas harus jaga diri. Insya Allah jika dikembangkan, persatuan di lingkungan akan terwujud,” harapnya.

Slamet menambahkan, acara ini merupakan persiapan awal launcing Majelis Pemuda Harjamukti yang akan dilaksanakan pada 13 Februari mendatang, dengan kegiatan kepemudaan yang bersifat religius dan meningkatkan iman serta takwa kepada Allah SWT.

Baca Juga  Kikav1/Kostrad Donorkan Darah di Curug

Ia mencontohkan, kegiatan yang akan dilaksanakan seperti tiap minggu kedua akan keliling untuk kegiatan pengajian di tiap masjid.

Di Kelurahan Harjamukti sendiri ada tiga kampung yakni, Pedurenan, Pondok Rangon dan Kalimanggis, saat ini belum ada pengajian gabungan untuk remaja, sehingga seluruh tokoh agama, DKM dan masyarakat sepakat membentuk MPH.

“Alhamdulillah sudah ada 21 musala dan masjid yang menyatakan bergabung. Insya Allah saat launcing akan dihadiri Walikota Depok, kami pun sedang coba komunikasikan dengan Ustaz Bachtiar Nasir dan Opick tombo ati untuk hadir,” terangnya.

Lurah Harjamukti, Lamin, mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara ini. “Semoga perayaan ini menjadi momentum untuk meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT,” ucap Lamin. (*)

Baca Juga  Fenomena Braja Bola Api Belum Terpecahkan