Foto: Istimewa/Radar Depok LATIHAN: PB MI terus melakukan persiapan timnas cabang olahraga cabor muaythai untuk berlaga di SEA Games 2017 di Malaysia.
LATIHAN: PB MI terus melakukan persiapan timnas cabang olahraga cabor muaythai untuk berlaga di SEA Games 2017 di Malaysia. Foto: Istimewa/Radar Depok

RADAR DEPOK.COM – Pengurus Besar Muaythai Indonesia (PB MI) terus melakukan persiapan timnas cabang olahraga (cabor) muaythai untuk berlaga di SEA Games 2017 di Malaysia. Saat ini, para atlet tengah melakukan pemusatan latihan di Bandung, Jawa Barat.

Ketua Muaythai Indonesia, Sudirman, mengatakan, ada 14 atlet yang sedang menjalani pemusatan latihan untuk persiapan SEA Games Malaysia. Hanya saja, kata dia, hanya 5 atlet yang nantinya akan dikirim mengkuti even paling bergengsi di kawasan Asian Tenggara ini.

“Dari 14 atlet yang kami seleksi, nantinya hanya 5 atlet yang akan kami kirim ke SEAG,” ujar Sudirman.¬†Menurutnya, Indonesia berpeluang besar meraih satu dari lima medali emas yang tersedia di SEA Games 2017 Malaysia.

“Sebelum bertanding di SEA Games, kami sudah memiliki agenda turnamen Nasional dan internasional,” jelas Sudirman.¬†Ditegaskan, emas SEA Games jadi harga mati agar cabang muaythai masuk prioritas pada Asian Games 2018.

“Saat ini, Federasi Muaythai Dunia sedang berjuang agar cabor ini bisa dipertandingkan di Asian Games 2018,” ungkap Sudirman yang juga kalitbang KONI Pusat.

Selain dua ajang multievent internasional di atas, Sudirman juga optimistis muaythai resmi dipertandingkan di PON 2020 Papua. Pasalnya, jelasnya, pada PON 2016 Jawa Barat, Muaythai sudah di eksebisikan.

Sementara itu, sebelumnya Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman mengaku optimistis Muaythai Indonesia meraih emas di SEA Games 2017.

“Perkembangan Muaythai Indonesia terbilang cepat dengan meraih prestasi di event internasional. Muaythai Indonesia pun rutin menggelar kejuaraan,” ujar Tono. (bst)