yamaha-nmax

 

STRATEGIS: Pelaku UKM yang berada di Jalan Bakti Abri Kelurahan Sukamaju Baru, Tapos. Foto: Ricky/Radar Depok

Jalan Bakti Abri Pusat UKM Sukamaju Baru

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sukamaju Baru, Tapos, bertekad menjadikan Jalan Bakti Abri sebagai pusat usaha kecil menengah (UKM) untuk meningkatkan ekonomi bagi warga setempat.

Laporan: RICKY JULIANSYAH, Radar Depok

Setelah lampu merah simpang Cijago, lurus terus menuju arah Bogor, ketika di sebelah kiri ada jalan yang dinamakan Gang Nangka, kemudian putar kemudi ke kiri. Setelah melewati kantor Kelurahan Sukamaju Baru, Tapos, hingga sampai ujung, akan menemui Jalan Bakti Abri, jalan tersebut seperti hal nya jalur-jalur di wilayah lainnya.

Tetapi, yang membedakan, salah satu Jalan utama di Kelurahan Sukamaju Baru dan yang menghubungkan Kelurahan Sukatani dan Kelurahan Jatijajar Kecamatan Tapos tersebut, dijadikan pusat UKM.

Ketua LPM Sukamaju Baru, Supriadi mengatakan, pencanangan untuk dijadikan pusat UKM sejak 2015, dan sudah ada sekitar 40 UKM yang mengais rejeki di jalur tersebut. “Sudah ada puluhan UKM di sini, kebanyakan memang warga lokal,” kata Supriadi.

Menurutnya, Jalan Bakti Abri strategis untuk dijadikan lokasi pusat UKM, karena di lintasi warga dari Kelurahan Sukatani, Jatijajar dan Cilangkap. Terlebih di kelurahan yang saat ini dipimpin Samiya tidak memiliki lahan. Sehingga, memanfaatkan lahan yang masih belum terbangun di Jalan Bakti Abri untuk tempat para UKM.

“Memang, Bakti Abri kebanyakan lahan milik perorangan, kami tidak punya lahan untuk dijadikan pasar,” tutur Supriadi.

Adanya pusat UKM di Jalan Bakti Abri ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat, terutama warga lokal di Kelurahan Sukamaju Baru.

“Saya berharap seiring majunya pembangunan di Kelurahan Sukamaju Baru, tingkat ekonomi warga dari tahun ke tahun dapat tumbuh ke arah lebih baik. Dalam Musrenbang 2017 pun kami dorong di bidang SDM, sehingga dapat mengangkat potensi yang ada di wilayah kami,” ucap Supriadi. (*)