RAPAT : Anggota Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Depok saat rapat bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Depok di Gedung DPRD Kota Depok, kemarin.
yamaha-nmax
RAPAT : Anggota Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Depok saat rapat bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Depok di Gedung DPRD Kota Depok, kemarin.

RADAR DEPOK.COM – Hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Depok dengan Organisasi Perangkat Daerah dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) di Gedung DPRD Kota Depok, Selasa (9/1). Memutuskan Bahwa pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan reses anggota dewan akan dilaksanakan pada akhir Januari 2017. pelaksanaan serentak di 63 kelurahan.

“Musrenbang itu dilaksanakan di akhir bulan ini,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Supariono kepada Radar Depok.

Ia mengatakan, Musrenbang dibagi tiga jenjang. Yakni tingkat kelurahan, kecamatan, dan kota. “Iya pastinya dilaksanakan di kantor kelurahan bersama Anggota Legislatif Kota Depok,” katanya.

Pada giat Musrenbang-reses, tambah Politisi PKS ini, pihaknya juga akan membahas soal sinkronisasi jadwal antara eksekutif dan legislatif tentang pelaksanaan rapat pembahasan anggaran.

Lebih lanjut, kata dia, pembahasan anggaran tambahan atau perubahan di 2017 nantinya akan dibahas setelah pembahasan di semester satu yang realisasinya di Juli 2017.

Sedangkan untuk APBD murni 2017 sudah ditentukan dalam Rapat Paripurna di 2016, yang dishkan oleh Pemkot Depok dan legislatif.

Dimana, di semester satu itu, dapat diketahui apakah ada kelebihan dan kekurangan anggaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni.

“Nanti bisa diketahui anggaran tambahan di 2017. bila APBD murni ada kekurangan maka akan dievaluasi lagi,” jelasnya.

Terpisah Anggota Bamus DPRD Kota Depok, Turiman mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang di tingkat kelurahan, kecamatan dan kota dibarengi dengan reses para Anggota DPRD Kota Depok. Kata dia, untuk waktunya pelaksanaanya dalam satu hari misalkan, Musrenbang di pagi dan reses di malam harinya secara bergantian.

“Jadi satu hari itu para Anggota DPRD melaksanakan reses dan Musrenbang,” tutupnya. (irw)